Tiup lilin kue ulang tahun pada perayaan HUT TNI ke-75 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Senin (5/10).

Keprisatu.com – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjugpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, bersama Pjs Gubernur Provinsi Kepri Bahtiar dan pejabat Forkopimda Provinsi Kepri menghadiri upacara HUT Ke-75 TNI secara vitual, yang berlangsung di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (05/10) pagi.

Kegiatan upacara virtual tersebut dilaksanakan oleh satuan TNI yang ditunjuk di seluruh Indonesia dan di Kongo, Afrika. Sementara itu, upacara virtual terpusat di Istana Negara Jakarta yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo sebagai inspektur upacara. Upacara diawali dengan salam kebangsaan, pengucapan Sapta Marga, pemberian tanda kehormatan kepada perwakilan prajurit tiga matra, amanat, Andika Bhayangkari dan ditutup dengan salam kebangsaan.

Dalam amanatnya, Presiden RI Joko Widodo, mengatakan saat ini, Indonesia sedang berada dalam era lompatan teknologi militer yang akan mempengaruhi taktik dan strategi perang masa depan. Menurut Presiden Joko Widodo, semua pihak termasuk TNI harus terus melakukan transformasi teknologi dan personel yang mampu memahami dan memanfaatkan lompatan di bidang teknologi informasi, dan teknologi nano.

“Kita harus siap mengantisipasi karakter baru pertempuran masa depan yang mempunyai daya hancur yang lebih besar, pertempuran yang berjalan lebih singkat dalam menentukan pemenang”, tuturnya.

Melalui investasi pertahanan jangka panjang yang terencana, lanjut Joko Widodo, TNI akan mampu menjadi kekuatan perang modern yang megikuti perkembangan teknologi termaju. Selain itu, sinergi adalah kunci untuk membangun kekuatan pertahanan yang semakin kokoh dan efektif.

Sebagai acara tambahan, dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Danrem 033/WP, Danlantamal IV dan Danlanud RHF secara bersama, dan dilanjutkan dengan memberikan kepada prajurit secara bergantian. Acara dilanjutkan dengan pemberian masker secara simbolis dari Pjs Gubernur Provinsi Kepri kepada pejabat Forkopimda, peniupan lilin kue ulang tahun bersama-sama dan ditutup dengan ramah tamah.(ks09)