Singapore Airlines (SIA) mengumumkan PHK besar-besaran terhadap 4.300 karyawannya.

Keprisatu.com – Dampak virus corona (Covid-19) menghantam dunia penerbangan di Singapura. Singapore Airlines (SIA), salah satunya, akhirnya mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran terhadap 4.300 karyawannya atau sekitar 20 persen dari tenaga kerja di maskapai tersebut.

Kepala eksekutif Singapore Airlines Goh Choon Phong menjelaskan keputusan sulit itu dilakukan demi mengurangi tekanan akibat ketidakpastian penyelesaian kasus corona.

“Terus terang, masa depan tetap sangat menantang, mengingat harapan bahwa jalan menuju pemulihan akan panjang dan penuh dengan ketidakpastian. Ini merupakan titik di mana kami harus membuat keputusan yang sangat sulit untuk menerapkan langkah-langkah pengurangan staf secara tidak sukarela” katanya sebagaimana dikutip AFP, Jumat (11/9/2020).

Menurut Goh, di masa penyebaran virus corona, Singapore Airlines memang rentan mengalami tekanan kinerja di banding maskapai besar lainnya di dunia. Pasalnya, operator penerbangan yang mengalami kerugian bersih US$800 juta pada kuartal I 2020 lalu tersebut tidak memiliki pasar domestik dan sepenuhnya bergantung pada rute internasional. Semenjak pandemi, maskapai itu hanya beroperasi 8 persen saja.

Sementara itu Menteri Transportasi Singapura Ong Ye Kung mengatakan pemerintah akan berusaha membantu pekerja yang terdampak oleh kebijakan Singapore Airline tersebut. (KS 08)