Buralimar

Keprisatu.com – Angka Covid-19 di Batam terus bertambah. Sudah menuju ke 1.000 kasus. Setidaknya tiga cara berikut ini bisa dilakukan masyarakat untuk menghindarinya.

Ketua Tim Gugus Bersatu Lawan Covid-19 Kepri di Batam, Buralimar menyebut tiga cara yang harus diperhatikan untuk menghindari penularan Covid-19 di Batam.

”Ketiga cara itu disebut Ventilasi, Durasi, dan Jarak, alias VDJ,” kata Buralimar, Kamis (9/9/2020) kepada Keprisatu.

Dia merincikan terkait Ventilasi, agar masyarakat Batam menghindari ruang publik atau transportasi publik dengan ventilasi atau sirkulasi udara tertutup.

Sedangkan Durasi perlu diperhatikan saat bertemu atau bercakap dengan orang lain. ”Maksimal 5 sampai 15 menit. Percakapan di atas 15 menit sebaiknya dilakukan secara online,” paparnya.

Mengenai Jarak, Buralimar meminta agar masyarakat Batam menjaga jarak dengan lawan bicara atau orang lain di ruang publik hingga dua (2) meter. Pembatasan jumlah orang yang bertemu di ruang publik juga perlu dilakukan.

”Rumusan VDJ ini penting diperhatikan masyarakat, terutama karena berkembangnya dua klaster yang harus diwaspadai, yaitu klaster perkantoran dan klaster perusahaan indoor,” sambung Buralimar.(KS 04)