dr Didi Kusmarjadi, Kepala Dinass Kesehatan Kota Batam

Keprisatu.com –  Laporan dari Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Batam  tentang pertambahan jumlah warga Batam yang terkonfirmasi positif terserang Covid-19 pada Minggu (30/8/2020) memang cukup mencengangkan.

Hingga akhir Agustus yang jatuh pada Senin (31/08/2020) sudah ada  tambahan 46 pasien positif  Corona, sehingga jumlah total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 adalah 663 orang.

Dari jumlah tersebut,  Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Batam  juga merilis jumlah pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif sembuh yang merupakan Warga Kota Batam terkonfirmasi positif Nomor. 421, 422, 449 dan 470.

Dengan bertambahnya jumlah pasien sembuh yang berjumlah 4 orang ini, maka jumlah total pasien yang dinyatakan sembuh mencapai 378 orang.

Sehingga saat ini, total warga Batam yang masih dirawat di rumahsakit rujukan Covid-19 adalah 253 orang sedangkan yang meninggal berjumlah 32 orang.

Covid-19 Melonjak di Agustus 2020, dari 3 menjadi 663

Dari rilis data yang rutin diposting Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Batam dalam laman lawancorona,batam.go.id, terlihat jelas, bahwa sejak Minggu ke 3 di bulan Maret 2020, kasus corona waktu itu di angka 3 orang .

Terus melonjak, jumlah kasus yang tercatat hingga 30 Agustus 2020, angka totalnya mencapai 663 atas penambahan 46 pasien kasus baru .

Padahal, di Bulan Juli 2020, masyarakat Batam sudah berharap kasus corona segera berkurang bahkan hilang.

Seperti bisa dilihat pada 16 Juli 2020, tercatat di Kota Batam tinggal 24 orang pasien Covid-19 yang dirawat di rumahsakit rujukan Covid-19 di Batam. Bahkan kala itu, dari peta situasi terkini positif Covid-19 per kecamatan di Batam menyatakan,  sebanyak 7 Kecamatan di Batam sudah berada di Zona Hijau.

https://keprisatu.com/dua-balita-sembuh-dari-corona-tujuh-kecamatan-di-batam-zona-hijau/

 

Peta situasi Peta Situasi terkini positif Covid-19 per Kecamatan di Batam 16 Juli 2020

Namun, angka ini seperti “meledak” begitu memasuki Bulan Agustus 2020.  Berikut catatan yang dirangkum Keprisatu.com, disertai gambar grafik

Minggu ke I  total pasien Covid-19 mencapai 343                                                    Minggu ke II total pasien Covid-19 mencapai 395                                                       Minggu ke III total pasien Covid-19 mencapai 480                                                           Minggu ke IV total pasien Covid-19 mencapai 663

Data tersebut praktis langsung mengubah Peta Situasi terkini positif Covid-19 per Kecamatan di Batam didominasi zona merah.

Peta situasi Peta Situasi terkini positif Covid-19 per Kecamatan di Batam 30 Agustus 2020

WASPADAI Penularan Covid-19 dari Orang Terdekat

dr Didi Kusmarjadi Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, yang ditunjuk sebagai Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Batam membenarkan bahwa di Bulan Agustus ini terjadi peningkatan jumlah kasus Covid-19.

dr Didi menyatakan penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan jaga jarak , melemah.

“Banyak warga yang kebablasan soal penerapan protocol kesehatan,” ujar dr Didi Kusmarjadi baru baru ini . Faktor lain yang dipaparakan dr Didi adalah soal perilaku warga yang masih enggan menggunakan masker.

Dari penelusuran dan penelitian kepada para pasien yang terpapar, kebanyakan mereka mengakui tertular usai melakukan perjalanan (di Batam). Dr Didi mencontohkan kasus corona yang menimpa satu keluarga ASN Pemko Batam inisial AA, bukan dari yang bersangkutan.

“AA tertular dari istrinya yang kebetulan usai dari berkunjung ke saudaranya di Tiban Mentarau, Sekupang ,” papar dr Didi .

Nah saat bertamu itulah, mereka ngobrol ngobrol (tanpa menggunakan masker). Usai berkunjung, istri AA mengaku merasa indra penciumannya hilang dan gejala Batuk dan akhirnya dirawat di rumahsakit.

“Lalu dilakukan swab , ketiganya (AA, istri dan anaknya) positif,” jelas dr Didi.

Dari kasus sederhana ini, dr Didi meminta agar warga kembali meningkatkan kedisiplinan dalam menggunakan masker, karena melawan Covir-19 tidak bisa sendirian , namun bersama sama. (tedjo)