CEN SUI LAN, Anggota DPR RI Fraksi Golkar berbicara travel bubble dengan pengusaha wisata Kepri di Hotel Sahid Batam Centre, Jumat (23/4/2021) malam.

Keprisatu.com – Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar, Cen Sui Lan bersilaturahmi dan buka puasa bersama dengan pengusaha biro perjalanan wisata yang tergabung dalam Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Provinsi Kepri.

Pertemuan yang digelar di Hotel Sahid Batam Center, Jumat (23/4/2021) malam itu, pengusaha wisata membahas gelembung perjalanan (travel bubble) yang belum dilaksanakan antara Singapura dengan Kepri.

Ketua DPD ASITA Kepri, Andika Lim (kanan) menyambut kedatangan Cen Sui Lan, Anggota DPR RI Fraksi Golkar membahas travel bubble dengan pengusaha wisata Kepri di Hotel Sahid Batam Centre, Jumat (23/4/2021) malam.

Pengusaha perjalanan wisata Indonesia ini, menyarankan agar warga Batam, Bintan, dan Tanjungpinang semuanya divaksin. Sebab, travel bubble antara Singapura dengan Poin Marina Nongsa (Batam) dan Singapura dengan Lagoi (Bintan), akan berlaku pada 21 April 2021.

Namun, rencana travel corridor itu kemudian diundur menjadi 7 Mei 2021. Dan terakhir, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyatakan rencana tersebut kembali ditunda hingga Agustus 2021. Penundaan travel bubble ini disebabkan karena angka Covid-19 belum terkendali di Provinsi Kepri. Justru menunjukkan peningkatan kasus, akhir-akhir ini.

“Teman-teman asosiasi pengusaha perjalanan wisata (ASITA) Kepri, rata-rata sudah tahu penyebab ditundanya travel bubble ini. Saya akan bawa solusi travel bubble ini ke pusat,” kata Cen Sui Lan, yang juga pernah menggeluti usaha tiketing dan biro perjalanan wisata ini kepada wartawan.

“Karena Singapura itu sangat ketat menjaga warga negaranya. Apabila situasi (Covid-19) di Kepri ini belum terkendali, Singapura pasti masih mengunci negaranya,” sambung Cen Sui Lan.

CEN SUI LAN, Anggota DPR RI Fraksi Golkar foto bersama pengusaha wisata Kepri di Hotel Sahid Batam Centre, Jumat (23/4/2021) malam.

ASITA Kepri, lanjut Cen Sui Lan, akan membawa aspirasi pengusaha wisata Kepri ini agar pemerintah memvaksin seluruh warga di Kota Batam, Bintan, dan Tanjungpinang secepatnya. Yaitu, warga yang layak divaksin Covid-19. Supaya bisa mengendalikan Covid-19.

“Tapi, pemerintah pusat melakukan program itu (vaksin) sudah dengan perhitungan yang sangat matang. Tak mungkin ada spesial vaksin kepada satu daerah. Pemerintah pusat, pasti berpikir untuk keseluruhan NKRI. Teman-teman pengusaha wisata memaklumi hal ini,” ujar Cen Sui Lan.(ks03)

Editor: tedjo