Peresmian Kampung Tangguh di Tanjungpinang

Keprisatu.com – Polres Tanjungpinang bersama Forkopimda meresmikan 5 (lima) Kampung Tangguh Nusantara di Kota Tanjungpinang, (20/02/21). Keberadaan kampung tangguh di sejumlah Kelurahan Kota Tanjungpinang ini sangat efektif dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sejumlah Kelurahan di wilayah Kota Tanjungpinang mendirikan Kampung Tangguh Nusantara. Kampung Tangguh tidak hanya berdampak positif menekan penyebaran Covid-19, namun juga mendatangkan dampak positif di aspek kamtibmas yang berjalan aman dan kondusif.

Total ada lima Kampung Tangguh di Kota Tanjungpinang antara lain, Kampung Tangguh Peternakan Ayam Petelur Polsek Tanjungpinang Timur Jalan Kp. Banjar Air Raja RT 002 terdapat Dapur umum, Mushollah, Mck, dan Posko kesehatan.

Kampung tangguh Kenanga Lawan covid-19 Kelurahan Tanjung unggat Kecamatan Bukit Bestari dimana terdapat Rumah Karantina, Rumah Pembibitan, Rumah iPAL, Rumah kompos, Rumah Baca, Home Industri, Sarana Informasi, Balai Aspirasi, Posko Penanganan, Posyandu Lansia, sarana olahraga, Kolam Budidaya, Lahan Cocok Tanam, Bank sampah, Pembibitan Mangrove, Dapur Umum.

Kampung Tangguh Tanjungpinang Barat di Kampung Iklim Jalan Borobudur, Rw. VI Kelurahan Bukit Cermin, Kecamatan Tanjung Pinang Barat terdapat Kolam lele, Kebun yang merupakan binaan Masyarakat.

Pemanfaatan lahan tidur untuk ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat dengan jumlah seluruhnya seluas ± 2 Ha. Pemanfaatan sampah yang dapat digunakan dengan keaktifan Bank Sampah dan Pengolahan kompos dilingkungan perumahan Masyarakat.

Selain itu juga terdapat Kampung Tangguh Tertib Lalulintas dimana terdapat Pos pantau sebagai upaya memantau masyarakat agar tertib berlalu lintas, Posko kesehatan, Lumbung pangan, Rumah isolasi.

Terdapat juga Kampung Tangguh Wisata Religi Pulau Penyengat dimana terdapat Pos Pam Swakarsa, Pos Kesehatan dan Rumah Isolasi Mandiri Wisata Religi Inspiratif Polsek Tanjungpinang Kota.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando SH SIK menyampaikan menuntaskan Covid-19 menjadi tuntutan tugas  bersama di masa pandemi saat ini, dan tentunya butuh dukungan dari masyarakat juga.

“Kita berharap dengan ada terbentuknya Kampung Tangguh ini sebagai bentuk upaya menekan Covid-19 dan harapannya dalam beraktivitas masyarakat tetap mematuhi Protokol Kesehatan” tutup Kapolres Tanjungpinang. ( KS05)

editor : Tedjo