Gubernur Kepri Ansar Ahmad membuka secara resmi perhelatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke XIII Karimun

Keprisatu.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad membuka secara resmi perhelatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke XIII Kabupaten Karimun, tahun 2021. Pembukaan  yang berlangsung di Islamic Centre Tanjungbatu Kecamatan Kundur, Selasa (16/3/2021) malam.

Sebanyak 133 qori dan qoriah terbaik dari 12 Kecamatan di wilayah Kabupaten Karimun ikut berpartisipasi dalam ajang tahunan itu. Nantinya para juara akan mewakili Karimun dalam STQ tingkat Provinsi Kepri.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri Ansar Achmad merencana untuk menyiarkan Al-Quran secara menyeluruh di Provinsi Kepri.

“Seluruh Bupati dan Walikota di Kepri ini akan saya ajak, untuk sama-sama terus mensyiarkan Al-Quran, melalui instansi-instansi pemerintahan,” kata Ansar dalam sambutannya.

Ia menjelaskan, Al-Quran adalah rujukan bagi semua untuk menuju kebahagiaan yang hakiki. Maka kita punya kewajiban untuk mendorong generasi penerus agar dibina pada lembaga atau pendidikan Quran, juga mendorong pusa-pusat kajian Al-Quran.

“Ini bukan sebatas pertandingan dengan melantunkan ayat Al-Quran dan mengharapkan prestasi, akan tetapi jauh dari itu semua agar dapat menjadikan kita lebih baik lagi dengan berpedoman kepada Al-Quran,” katanya.

Ansar mengajak seluruh umat Islam, agar dapat menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup. Kitab suci agama Islam itu merupakan solusi bagi umat dan benteng bagi  semua.

“Ketika kita terapkan nilai-nilai qurani ditengah-tengah masyarakat, maka kita bisa membentengi segala hal. Artinya, kalau kandungan dan makna dari Al-Quran sudah di realisasikan, maka segala persoalan bisa diatasi dengan mudah,” katanya.

Lanjut Ansar, meski saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun masyarakat dihimbau untuk tidak mengurangi semangat dalam mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Quran

“Mari semarakkan STQ Kabupaten Karimun ini, dengan tidak mengurangi semangat dalam memperbaiki kualitas diri kita masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pelaksanaan STQ tingkat Kabupaten Karimun ke XIII di Kecamatan Kundur, bertujuan untuk melahirkan qori dan qoriah terbaik di tingkat Kabupaten Karimun, yang nantinya akan diikutsertakan menjadi utusan dari kafilah Kabupaten dalam ajang STQ tingkat Provinsi Kepri.

Dikatakan Rafiq, pembinaan qori dan qoriah di Provinsi Kepri termasuk Kabupaten Karimun tidak diragukan lagi, bahkan sudah mampu menghasilkan qori nasional dan internasional.

“Qori terbaik juara dua tingkat nasional di Provinsi Kepri merupakan utusan dari Kabupaten Karimun. Ini sebagai salah satu bukti bahwa pembinaan yang dilakukan betul-betul serius,” katanya. (KS12)

Editor : Tedjo