Foto bersama usai acara Penandatanganan

Keprisatu.com – Program Wakaf uang adalah wakaf berupa uang yang dapat dikelola secara produktif, hasilnya dimanfaatkan untuk Mauquf Alaih/ kepentingan untuk kesejahteraan umum dan kemashlahatan umat.

Program wakaf uang sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2010 berdasarkan Keputusan Mentri Agama Republik Indonesia Nomor 80 Tahun 2010. Isinya tentang Penetapan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Divisi Syariah sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU).

Demikian disampaikan oleh Chawari Ata Nasrulloh sebagai Branch Manager BTN Syariah Batam saat dijumpai di Sukajadi, Rabu (3/01/2021) dalam acara “Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama PT Bank Tabungan Negara (PERSERO) Tbk, Kantor Cabang Syariah Batam dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Batam dalam hal pengelolaan Wakaf Uang”.

PT Bank Tabungan Negara (BTN) kantor cabang Syariah menjalin kerja sama bersama Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Batam, dihadiri Majelis Ulama Indonesia (MUI) Batam.

Kerja sama ini ditandai langsung dengan tanda tangan antara kedua belah pihak serta penyerahan sertifikat wakaf uang kepada penerima yaitu wakif.

Penandatanganan sendiri dilakukan Chawari Ata Nasrulloh selaku Kepala Cabang BTN Cabang Syariah Kota Batam dan Drs. H. Tgk. Zulkifli Aka, M,Si selaku Ketua Badan Wakaf Indonesia Kota Batam.

Penyerahan simbolis kerja sama (serah terima plakat)

Chawari Ata Nasrullah  menjelaskan bahwa ada beberapa tujuan wakaf uang dan fungsi wakaf uang sebagai fitur produk simpanan yang ada di BTN Syariah yaitu Wakaf uang sebagai fitur produk dana atau simpanan bertujuan untuk menyediakan fasilitas bagi nasabah simpanan dalam memudahkan keinginan nasabah untuk mewakafkan NISBAH/ BAGI HASIL simpanannya.

Penyerahan Sertifikat Wakaf Uang oleh BM  BTN Syariah Batam, Chawari Ata Nasrullah  selaku Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) kepada salah satu Wakif

Wakaf uang juga bertujuan sebagai fitur tambahan pada produk dana atau simpanan berfungsi mewujudkan potensi dan manfaat dari simpanan nasabah untuk kepentingan ibadah.

Selain itu juga untuk memajukan kesejahteraan umum sehingga masyarakat akan mendapatkan dua  manfaat yaitu keamanan dalam penyimpanan dana dan menjalankan ibadah yang amal jariyahnya tidak pernah putus.

Syarat dan Ketentuan Wakaf Uang

Chawari Ata Nasrulloh sebagai Branch Manager BTN Syariah Batam

Chawari Ata Nasrulloh sebagai Branch Manager BTN Syariah Batam menjelaskan dana wakaf yang di simpan di BTN Syariah akan dikelola pada rekening Giro, Tabungan, atau Deposito.

“Tergantung keputusan Nadhir. Sesuai dengan ketentuan Bank BTN Syariah, termasuk besaran nisbah bagi hasil,” jelasnya. “Kami mengajak seluruh masyarakat Batam khususnya untuk berwakaf uang melalui BTN Syariah. Masyarakat dapat mengunjungi outlet kita yang ada di beberapa tempat,” imbuhnya.  Chawari Ata Nasrulloh menjelaskan persyaratan untuk Wakaf Organisasi dan Badan Hukum dengan persyaratan antara lain Nama dan identitas Wakif adalah nama pengurus organisasi atau direksi badan hukum yang bersangkutan.

Wakif hanya dapat mewakafkan uangnya untuk jangka waktu tidak terbatas (abadi). Wakaf dilakukan atas harta benda milik organisasi/badan hukum sesuai dengan anggaran dasar organisasi / badan hukum yang bersangkutan.

Wakif melaksanakan setoran wakaf uang secara tunai maupun non tunai dengan sarana yang sudah diakui Bank Indonesia. Wakaf uang dapat dilakukan secara kolektif, yaitu Wakaf Uang yang berasal dari 2 (dua) orang atau lebih. Wakaf kolektif ini hanya dapat dilakukan untuk Wakaf Uang jangka waktu tidak terbatas (abadi) dan diperuntukan untuk kepentingan umum.

Sedangkan Wakaf uang berdasarkan jangka waktu dibagi dalam dua kategori yaitu: Wakaf uang jangka waktu tidak terbatas (ABADI) Dana wakaf tidak akan kembali lagi kepada wakif.

Berlaku untuk semua nominal wakaf uang Wakaf uang jangka waktu terbatas Jangka Waktu Minimal 5 Tahun Nominal Wakaf uang minimal Rp 10 Juta.

Terkait Nominal, Chawari Ata Nasrulloh menjelaskan Wakif dapat mewakafkan hartanya tanpa dibatasi jumlahnya. Wakaf dilakukan dalam mata uang rupiah. Nominal wakaf uang di atas Rp 1 Juta diberikan Sertifikat Wakaf Uang. Sedangkan nominal wakaf uang di bawah Rp 1 Juta tidak diberikan sertifikat wakaf uang.

Wakif hanya langsung menyetorkan uang melalui setoran tunai atau non tunai ke rekening Nazhir. Nominal wakaf sebesar di atas Rp 10 juta dapat ditempatkan untuk wakaf uang dengan jangka waktu terbatas.

Untuk warga yang hendak mengurus wakaf bisa mendatangi langsung Kantor Cabang: Jalan Sriwijaya Komp. Regency Park Lot 29 Pelita-Batam.

Kantor Cabang Pembantu Syariah Batu Aji : Ruko Mall Top 100 Tembesi Batu Aji Blok A No. 3 Batam dan Kantor Cabang Pembantu Syariah Botania : Jln. Tengku Sulung, Komplek Botania Garden Tahap III Blok A5 No.1 Belian- Batam Kota. (KS03)

Editor : Tedjo