Direktur Utama Bright PLN Batam, Budi Pangestu saat menerima TOP GRC Award 2020.

Keprisatu.com – Untuk pertama kalinya, bright PLN Batam meraih penghargaan Governance, Risk dan Compliance (GRC) dalam ajang TOP GRC Awards 2020 yang dinilai oleh Top Business. bright PLN Batam memperoleh peringkat “Baik” (Bintang 3) untuk sistem, infrastruktur dan implementasi tata kelola perusahaan (GCG), manajemen risiko, dan manajemen kepatuhan yang dilaksanakan perusahaan, sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

Direktur Utama bright PLN Batam, Budi Pangestu mengatakan, GRC sendiri adalah pengelolaan perusahaan dengan mengintegrasikan pelaksanaan tata kelola, resiko dan kepatuhan sebagai satu kesatuan untuk memastikan bahwa perusahaam bisa mencapai sasaran-sasarannya secara andal dan mengedepankan integritas. Kata Budi, pentingnya implementasi GRC dalam sebuah perusahaan adalah sebagai pedoman top management dalam pengambilan keputusan secara independen menilai dan mengelola risiko yang teridentifikasi.

“Penghargaan ini kami terima bertepatan dengan Hari Ulang Tahun bright PLN Batam ke-20 dan Hari Listrik Nasional ke-75. Tentu saja dengan momentum tersebut akan memberikan semangat untuk terus bekerja dan kerkarya dalam menerangi dan memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat,” ujar Budi.

Budi menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, tentu saja hal ini tidak memudarkan semangat. Bahkan menjadi pemacu bagi kami untuk terus menjaga tata kelola perusahaan yang baik, sehingga operasional dan layanan berjalan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku yanag pada akhirnya kepuasan pelanggan semakin meningkat.

Dalam sambutannya secara daring, Ketua tim dewan juri TOP GRC Awards 2020 Antonius Alijoyo menyampaikan tahapan penjurian TOP GRC Awards 2020 serta berpesan bahwa peranan GRC sangatlah penting bagi perusahaan untuk peningkatan bisnis berkelanjutan dan memulihkan ekonomi nasional saat ini.

“Seleksi awal dilakukan kepada 840 perusahaan, yang terdiri dari perusahaan listed, BUMN, BUMD, swasta nasional maupun multinasional. Dari 840 perusahaan tersebut dewan juri memutuskan 100 finalis untuk presentasi dan pendalaman atas keberhasilan implementasi GRC. Pada akhirnya sebanyak 65 perusahaan yang berhasil mengikuti proses penilaian secara lengkap. Penentuan pemenang TOP GRC Awards 2020 ditentukan secara kolektif oleh sidang pleno dewan juri,” ucapnya.(ks10)