Salah satu aksi Bintang Barleans di Sprint Rally Piala Raja Jogja 2022 

Yogyakarta, Keprisatu.com – Pereli remaja yang baru beranjak 17 tahun dari Batam (Kepulauan Riau), Gioffany Bintang Barlean kembali tampil apik. Kali ini di Special Stage (SS) 2 putaran 1 kejuaraan Sprint Rally Piala Raja Jogja 2022 di Donokerto Beagle Rally Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (14/5/2022).

Kali ini, Bintang bahkan mencetak waktu lebih tajam dibanding SS 1 pada pagi hari. Jika di SS 1 mendapuk 03.08.0, maka pada SS 2 dengan panjang SS yang sama yang 2,7 km berhasil mengukir waktu 03:07.5.

Bintang Barlean yang menunggang mobil UTV turun di kelas J3 dan dinavigatori sang kakak, Tiffiany Barlean tampil nyaris tanpa cela.

Menariknya, capaian waktu fantastis ini sukses dicetak Bintang Barlean `lebih senyap`. Jika pada event sprint rally sebelumnya di sirkuit Tambakrejo Yogyakarta, Bintang Barlean dengan manuver cenderung atraktif, kali ini dia pilih strategi slow in namun gaspol di tengah SS.

Untuk strategi itu, Bintang Barlean menyampaikan hal ini. “Karakter trek di Donokerto ini berbeda dengan Tambakrejo. Di sini, gravel namun berpasir kayak di padang pasir. Jadi, mesti bisa mengatur ritme. Kapan saatnya defense, kapan harus gaspol,” buka Bintang Barlean kepada mobilinanews.

Dan rupanya, strategi itu diambil setelah berdiskusi dengan Rizal Sungkar sebagai salah satu mentor Bintang Barlean. Kesimpulannya harus pintar mengatur irama untuk bisa menaklukkan trek sprint rally terbaru di DI Yogyakarta ini.

Rencananya, untuk 2 SS hari Minggu besok, panitia akan mengubah perlombaan menjadi anti clockwise (berlawanan dengan arah jarum jam). Artinya, start dan finish dibalik. Jika hari ini dipakai start, maka itu yang akan dipakai finishnya.

Lalu, apakah Bintang Barlean yang kali ini dengan bendera tim Pulang Menang ini juga akan mengubah strategi?

“Aman, om. Strategi sudah disiapkan. Namun pada intinya, sih, nggak ada yang berubah. Semoga besok semua dilancarkan,” kata Bintang Barlean.

Rival terkuat Bintang Barlean adalah Marrel Suryokusumo, pereli tuan rumah yang juga menggunakan mobil UTV.

Pasalnya juga, tentu Marrel yang juga disupport ban terbaik GT Radial tidak akan tinggal diam dan menyerah begitu saja. Apalagi secara pengenalan karakter dan lay out sirkuit Donokerto Beagle Rally, Marrel lebih familiar.

Yang jelas, 2 SS esok akan menjadi ajang pertarungan sengit dan penentuan antara Bintang versus Marrel.

Jalannya perlombaan bisa kita saksikan pada live streaming youtube Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022.(*KS03)