MTQ Santri Ponpes di Bintan
MTQ Santri Ponpes, TPQ, MDT dalam rangka Hari Santri Nasional di Kabupaten Bintan.

Keprisatu.com – Kecamatan Bintan Timur meraih juara umum di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Santri Pondok Pesantren. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2020 tingkat Kabupaten Bintan.

“Selamat para pemenang lomba MTQ Santri, terutama Kecamatan Bintan Timur sebagai juara umum. Semoga dapat terus meningkatkan kemampuannya,” ujar Pjs Bupati Bintan Buralimar, Rabu (25/11/2020) malam.

Buralimar menutup secara resmi rangkaian peringatan Hari Santri Nasional malam itu. Buralimar hadir bersama sejumlah pejabat, seperti Asisten I Administrasi Pemerintahan dan Kabag Kesra Setda Bintan. Selain itu juga hadir perwakilan Pengurus FKPP se-Kabupaten Bintan, para pemenang, dan official.

“Saya mengapresiasi kinerja Kepala Kemenag Bintan yang tidak hanya merangkul hal yang bersifat keagamaan. Namun juga memadukan dan menggerakkan dunia seni dan menulis,” ujar Buralimar.

Dalam kesempatan tersebut, Buralimar juga mengingatkan pimpinan pesantren untuk taat protokol kesehatan. Yakni dengan mengutamakan kebersihan dan kesehatan dalam beraktivitas di masa pandemi Covid-19.

“Tetap jaga protokol pencegahan Covid-19 dan jangan keluar masuk asrama pesantren. Berikan pemahaman kepada santri dan wali untuk mengurangi waktu menjenguk anaknya sampai 3 bulan,” pesannya.

Baca juga: Bertolak ke Minangkabau, Kafilah Kepri Didoakan Mengulang Kejayaan MTQ Nasional

Prestasi Kafilah Bintan

Buralimar mengajak semua pihak meningkatkan kualitas dan prestasi kafilah Bintan pada MTQ mendatang. Ia berharap kegiatan pendampingan sesuai cabang lomba MTQ tidak hanya bergantung pada Kemenag. Tetapi tiap OPD maupun ormas Islam juga mendukung upaya ini untuk menghasilkan qari-qariah berprestasi.

“Sebagai catatan, pada MTQ Nasional di Sumatera Barat, kafilah Bintan hanya 2 orang saja. Padahal setidaknya 10 orang. Alhamdulillah 2 orang tersebut berhasil meraih juara,” ujarnya.

Rangkaian Hari Santri Nasional 2020 di Bintan berlangsung sejak 22 Oktober 2020 dengan berbagai kegiatan. Mulai dari upacara bendera dan istighotsah bersama di Kantor Buapti Bintan. Kemudian MTQ Santri Ponpes pada 26 sampai 27 Oktober di Auditorium Razali Jaya STAIN SAR Kepri. Lalu MTQ Santri TPQ/MDT pada 6 November 2020 di Kantor Kemenag Bintan. (ks08)