Ilustrasi . Uang pecahan untuk ditukar

Keprisatu.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri menyiapkan uang tunai sebanyak Rp1,68 triliun. Hal ini untuk memenuhi pasokan uang selama bulan Ramadan dan hari Raya Idul Fitri tahun 2021.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (KPwBI Kepri) Musni Hardi K. Atmaja mengatakan, tahun ini kebutuhan uang tunai lebaran dan hari Raya Idul Fitri lebih meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Dimana sambungnya, BI Perwakilan Provinsi Kepri hanya menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,17 triliun.

“Memang ada kenaikan tahun ini, hal ini bisa dilihat dari berbagai kebutuhan atau kondisi saat ini,” kata Musni, Minggu (18/4/2021).

Kata Musni, bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang, bisa melalui seluruh kantor bank yang tersebar di Provinsi Kepri. Setidaknya ada sekitar 114 titik penukaran yang tersebar di seluruh wilayah Kepri.

“Masyarakat dapat memperoleh layanan penukaran tersebut mulai tanggal 26 April hingga 11 Mei 2021. Dan ingat ikuti anjuran pemerintah dengan memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat,” ujarnya.

Kata dia, setiap orang yang ingin tukar uang maksimal Rp3,8 juta dengan berbagai jenis uang pecahan. Selanjutnya, untuk menjaga kelancaran pembayaran, menfasilitasi kegiatan perekonomian dan kebutuhan masyarakat pada periode Ramadan/Idul Fitri 1442 H, BI Kepri juga menyarankan beberapa hal.

Diantaranya menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik dan QRIS, yang dapat meminimalisir kontak fisik dalam bertransaksi.

“Kami juga mengajak masyarakat di Kepri untuk senantiasa mengenali ciri-ciri keaslian Rupiah dan merawat uang Rupiah sebagai bentuk Cinta Rupiah, menjaga Rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sebagai bentuk Bangga Rupiah, dan mengenal fungsi Rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk Paham Rupiah,” jelas Musni lagi. (KS10)

Editor : Tedjo