HM Rudi Walikota Batam

Keprisatu.com – Tim  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Batam,  kembali mengupdate, pasien  covid-19 per Kamis (18/6/2020) sore.  Pada sore ini, Tim Gugus Tugas mencatat ada  dua kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam.

Pertama seorang perempuan berinisial “Nn.RS” usia 24 Tahun, Karyawan Dealer Sepeda Motor di Kawasan Nagoya, beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa Kota Batam.

Nn RS adalah  anak kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 172, yang merupakan teman dan tetangga dari kasus Terkonfirmasi Positif Nomor 164 (Ny.LS) Tukang Urut/Pijatyang berkaitan dengan  “Cluster HOG Eden Park”.

Hasil tracing terhadap kasus nomor. 164, maka pada tanggal 11 Juni  2020 yang bersangkutan melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Reaktif, kemudian setelah ibunya dinyatakan positif maka pada tanggal 15 Juni 2020  dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini  dengan terkonfirmasi “Positif”. Perlu diketahui bahwa yang bersangkutan tidak memiliki riwayat bepergian dan sudah dirumahkan dari tempatnya bekerja sejak 2 (dua) bulan yang lalu.

Pasien kedua adalah seorang  laki-laki berinisial “Tn.MDA” usia 19 Tahun, Warga Tembesi  Sidomulyo Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung  Kota Batam. Keduanya  merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 197 Kota Batam.

Pasien ini merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 197 Kota Batam. Yang bersankutan  memeriksakan diri ke RS Bhayangkara Batam untuk melakukan RDT secara mandiri guna keperluan persyaratan penerbangan ke Jakarta dalam rangka untuk berobat di RS Harapan Kita sesuai rujukan dari dokter spesialis jantung pada salah satu rumah sakit di Batam.

Hasil yang diperoleh dari pemeriksaan tersebut disimpulkan “Ig.G Reaktif, Ig.M Non Reaktif” selanjutnya diteruskan dengan pemeriksaan Swab Tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan cukup baik dan  stabil serta tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti dan mengingat yang bersangkutan memiliki riwayat penyakit jantung  saat ini sudah dalam perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSBP Batam  Kota Batam.

Walikota Kota Batam H.M Rudi Kamis (18/06/2020) menyebut   bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19  yang berkaitan dengan berbagai  cluster-cluster tersebut ataupun kasus baru yang terjadi  baik dari transmisi lokal maupun import.

Lagi lagi  HM Rudi mengingatkan bahwa saat ini  masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19 ini.

“Kami ingatkan dan himbau kembali guna kemaslahatan bersama masyarakat Kota Batam agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker , “ papar Rudi. (joe/r)