Keprisatu.com – Ketua KPK RI Komjen Pol Firli Bahuri dalam kunjungan kerja ke Propinsi Kepri, menegaskan dalam rangka pemberantasan tindak pidana korupsi di wilayah Kepri, maka dilakukanlah rapat koordinasi sinergitas KPK RI antar penegak hukum baik itu Polda, Polres, serta Kejati dan Kajari di wilayah Kepri. Rapat digelar di Rupatama Polda Kepri.

KPK melaksanakan kegiatan rapat koordinasi sinergitas KPK RI antar penegak hukum dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi di wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Rapat Sinergitas ini dihadiri oleh Ketua KPK RI Komjen Pol Firli Bahuri, Kajati Kepri Sudarwidadi, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Darmawan, PJU Polda Kepri, Pers KPK dan Pers Kajari. Acara berlangsung Selasa (10/11/20) pukul 14.00 WIB.

okDalam kegiatan tersebut, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Darmawan sebelumnya mengucapkan selamat datang kepada Ketua KPK RI beserta rombongan di Polda Kepri.

“Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh Kapolres serta Kajari di Wilayah Kepri melalui video conference,” ujarnya sebelum rapat dimulai.

Sebagai Ketua KPK, Firli Bahuri menjelaskan bahwa tugas KPK sesuai UU N0.19 Tahun 2019 Pasal 6 Komisi Pemberantasan Korupsi yaitu melakukan tindakan-tindakan pencegahan sehingga tidak terjadi Tindak Pidana Korupsi.

Firli menegaskan bahwa KPK juga bertugas berkoordinasi dengan instansi yang berwenang melaksanakan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan instansi yang bertugas melaksanakan pelayanan publik.

Selain itu tugas lainnya memonitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan Negara, Supervisi terhadap instansi yang berwenang melaksanakan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“KPK juga lakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap Tindak Pidana Korupsi dan tindakan untuk melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap,” ujar Firli Bahuri.

Ketua KPK RI juga menjelaskan, beberapa poin yang menjadi penyampaiannya yakni meliputi Pengawasan Anggaran Penanganan Covid-19, Atensi KPK dalam Pembelanjaan Barang dan Jasa.

Kemudian Pemulihan Ekonomi Nasional serta  Langkah Antisipatif Pemberian Bantuan Sosial Covid-19 dan Penggunaan Anggaran Covid-19.

“Juga untuk Pilkada Berintegritas dan Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi, Pendidikan, Pilkada Serentak 2020, Sosialisasi dan Kampanye Anti korupsi,” katanya.

Sebagai penutup ketua KPK RI Komjen Pol Firli Bahuri juga menyampaikan slogan yaitu “Bersama Kita Bisa Mencegah Korupsi”. (ks14)

Editor : Tedjo