Angin puting beliung memporakporandakan atap milik warga di Bengkong (foto tangkapan layar)

Keprisatu.com –Bencana anging puting  beliung terjadi di Bengkong. Lokasinya di Bengkong laut, Kota Batam Sabtu (22/8/2020) siang. Akibatnya puluhan rumah disana porak-poranda akibat diterjang angin. Bahkan salah satu rumah yang terbuat dari papan mengalami rusak yang cukup parah, nyaris rata dengan tanah.

Tidak sedikit pohon dan  tiang listrik yang hampir tumbang dihempas angin puting beliung Aliran listrik di wilayah ini padam.  Lokasi yang kerusakannya cukup parah  RT 01 dan RT 03 RW 016 di Bengkong.

Warga menyebut akibat kejadian ini puluhan rumah warga di RW 16 mengalami rusak yang cukup parah.  Dia berharap dari Pemerintah Kota Batam bisa membantu meringankan beban warga yang terkena musibah.

Musibah tersebut, menjadi viral dan menjadi bahan pembicaraan di grup grup whatsapps. Bahkan banyak video video tentang kejadian tersebut bisa disaksikan secara nyaris bersamaan.

 

Seperti dalam salah satu video amatir milik warga , terlihat pusaran angin kencang muncul di tengah tengah pemukiman warga.  Tidak berapa lama, muncul pusaran angina yang disertai beterbangannya material material seperti atap seng dan material lainnya.

Musim penghujan yang biasanya diiringi dengan munculnya fenomena angina putting beliung, membuat warga di Kota Batam waspada. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Propinsi Kepri di Kota Batam, telah mengeluarkan  Peringatan dini cuaca wilayah Kepulauan Riau tanggal 23 Agustus 2020 pukul 04.35 WIB.

Dalam rilisnya, cuaca di hari ini (Minggu 23 Agustus 2020), berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pukul 04.45 di wilayah Kota Batam (Nongsa), Kab. Bintan (Bintan Pesisir).

Serta dapat meluas ke wilayah Kota Batam (Batam Kota,  Bengkong, Batu Ampar, Sungai Beduk),  Kab. Bintan (Teluk Sebong, Sri Kuala Lobam) dan sekitarnya.

Masyarakat yang tinggal di wilayah wilayah yang berpotensi terjadi bencana seperti angin putting beliung yang belakangan terjadi di Bengkong,  diharapkan mewaspadainya. (ks03)