Ilustrasi

Keprisatu.com – Maskapai penerbangan Wings Air, memberangkatkan 36 penumpang dari Batam menuju Natuna dengan menerapkan protokol atau standar operasional prosedur (SOP) kesehatan, Kamis (4/6/2020).

Kedatangan Wings Air ke Bandara Lanud Raden Sadjad Natuna ini, merupakan kali perdana pasca Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka penerbangan ke zona hijau pandemi corona virus disease 2019 (covid-19).

Kepala Bandara Lanud Raden Sadjad Natuna, Suroso membenarkan kedatangan 36 penumpang tersebut berdasarkan manifest yang didapatkan pihaknya.

Kepala Bandara Lanud Raden Sadjad Natuna, Suroso

“Semua yang datang dalam keadaan sehat dan telah melalui protokol kesehatan yang ketat, sebelum diberangkatkan menuju Natuna,” ujar Suroso kepada Keprisatu.com, kemarin.

Juru Bicara Tim Gugus Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah, pihaknya mendata seluruh penumpang yang masuk ke Natuna.

“Semua penumpang yang sudah turun ke Natuna, akan tetap diberlakukan karantina mandiri selama 14 hari. Setelah itu, baru penumpang yang datang tersebut boleh melakukan aktivitas seperti biasanya,” ujar Hikmat.

Penumpang yang masuk ke Natuna, lanjut Hikmat, sudah memiliki surat keterangan sehat dan sudah diuji menggunakan metode rapid tes.

Hikmat juga terus mengigatkan seluruh masyarakat Natuna,
untuk selalu menjaga imunitas diri, memakai masker jika ke luar rumah,
sering-sering mencuci tangan dengan air yang mengalir, menjaga jarak jika berkerumun, dan rajin berolaharaga. “Dengan begitu kita bisa terhindar dari yang namanya covid-19,” pungkasnya.

Di tempat terpisah Ketua DPD Perpat Natuna, Riyan Andrianada mengatakan, ini adalah awal baru new normal Menuju normal. “Kami berharap semoga Natuna tetap zona hijau covid-19,” doa Riyan.(ardie)