Keprisatu.com – Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Status di beberapa daerah pun juga kerap berubah. Yang terbaru, 43 kabupaten/kota yang awalnya berstatus zona oranye, kini menjadi zona merah. Sehingga total terdapat 65 kabupaten/kota dengan risiko tinggi penularan Covid-19, salah satunya Kota Batam.

“Zona merah naik cukup besar. Awalnya 32 kabupaten dan kota, kini bertambah menjadi 65 kabupaten/kota. Ini berberdasarkan data terakhir Satgas Penanganan COVID-19 pada 30 Agustus 2020,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/9/2020).

Data Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam per 2 September 2020, tercatat sebanyak 715 kasus Covid-19 dengan 299 di antaranya dalam perawatan. Satgas meminta penanganan yang lebih baik terhadap situasi pandemi di 43 zona merah tersebut.

“Kami mohon yang 43 daerah dengan risiko sedang ke tinggi ini untuk dapat kerja lebih keras lagi bersama seluruh masyarakat agar kondisinya dapat diperbaiki,” kata Wiku.

Berdasarkan peta risiko Covid-19, di Provinsi Kepri hanya Batam yang masuk zona risiko tinggi. Sementara Karimun risiko rendah, Bintan dan Tanjungpinang risiko sedang, Natuna, Lingga, dan Anambas tidak terdampak.

Peta risiko mengacu pada sejumlah indikator, antara lain penurunan jumlah kasus positif pada minggu terakhir sama dengan atau lebih 50 persen dari puncak. Kemudian jumlah kasus ODP dan PDP pada minggu terakhir sebesar sama dengan atau lebih 50 persen dari puncak, laju insidensi kasus positif per 100 ribu penduduk, serta indikator lainnya. (KS 08)