Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin, Senin (27/10/2020) meluncurkan layanan drive thru rapid dan swab test di Kota Batam. (Foto: Humas Pemprov)

urkaKeprisatu.com – Ini kemudahan baru bagi warga Batam. Jika membutuhkan rapid test, swab antigen, dan PCR swab test, kini tersedia homecare dengan drive thru.

Layanan ini disebut bersubsidi silang. Hasil dari program yang dimotori Kabinda dan pengusaha Panbil Group dan Pasific Group. Peruntukannya bisa untuk masyarakat kalangan bawah.

Dengan layanan ini, warga Kota Batam bahkan bisa memanggil untuk melakukan rapid dan swab test.

Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin, Senin (26/10) sudah meluncurkan layanan ini di kawasan Jodoh, Batam, Provinsi Kepri.

Turut hadir mendampingi Pjs Gubernur Kepri, Kabinda Kepri, Wakapolda Kepri, Dandim Batam, Danlanal Batam, Perwakilan Danlanud, Kepala BNN Kepri, Daguskamla, Bakamla, Asisten 3 Sekdako Batam, Kepala RSKI Galang, Satgas Posko BLC Batam Kepri.

‘’Ini mobile, bisa datang ke tempat masyarakat. Ini bagus untuk membantu warga. Ternyata Polda Kepri sudah tiga kali melakukan program seperti ini. Saya sekali lagi minta Pemko Batam harus mendukungnya,’’ tutur Bahtiar.

Pjs Gubernur mengapresiasi program ini, karena memberikan kemudahan bagi masyarakat Batam. Pemko Batam diminta ikut membantu menambah lokasi pelayanan rapid test dan swab test seperti ini.

“Ini harganya murah sekali. Hasil program ini juga diberikan untuk orang miskin,” tambah Dirjen Polpum Kemendagri ini.

Melalui layanan ini, warga yang ingin rapid test, Rp140 ribu. Sementara swab antigen Rp550 ribu. Kemudian untuk biaya PCR swab test Covid-19, Rp899 ribu.

Warga bisa memanggil layanan test, dengan menghubungi WhatsApp 08111158333/08119891124.

Sementara untuk drive thru bisa dilakukan di Pasific Palace dan kawasan Panbil, Kota Batam. “Hasilnya nanti akan digunakan untuk amal bagi masyarakat Kepri,” ulangnya.

Dikatakan Bahtiar, sejauh ini inovasi seperti ini memang menjadi kebutuhan. Karena pelayanan cepat dan mudah, harus terus bisa dihadirkan ke masyarakat. Masyarakat yang akan melakukan rapid atau swab tes, tidak perlu turun dari kendaraan. Cukup tetap di dalam kendaraan, maka tes bisa langsung dilakukan.

Inovasi pelayanan drive thru yang diluncurkan ini, diakuinya, justru dilakukan pihak swasta dalam hal ini homecare 24. Mestinya pemerintah yang harusnya melakukan terlebih dahulu.

“Karenanya, sebagai gubernur saya minta kepada Pemko Batam untuk menduplikat inovasi ini, guna melakukan hal yang sama di banyak titik dan tempat lagi, ” pintanya.

Pemerintah juga akan terus mendukung mulai dari membantu ketersediaan tenaga kesehatan, penyediaan laboratorium PCR guna membantu mendeteksi hasil tes swab secara cepat dan akurat.

CEO Founder Homecare 24 Bagus Mulyo Anggoro mengatakan, kegiatan rapid dan swab test yang mereka lakukan, sebagai bentuk kepedulian Homecare kepada masyarakat Batam Kepri.

Bahtiar mengatakan untuk penanganan warga yang positif Covid-19, maka tempat isolasi, diperbanyak. Kemudian, mempercepat pelayanan.

“Karena RSKI Galang sudah penuh, kita siapkan rusun, asrama haji, dan Bapelkes. Kita sudah meninjau. Kita fokus untuk penanganan Covid-19 ini,” imbuhnya. (arham)