Willy Otra Bismar, Penasehat Event Batam Pandemi Race Championship 2021

Keprisatu.com – Gelaran bertajuk  ”Batam Pandemi Race Championship 2021” akan berlangsung selama tiga hari di pintu utama Grand Batam Mall, Batam, Kepri. Kompetisi balap simulator mobil di mal ini merupakan satu-satunya di Indonesia.

Penasehat Event Batam Pandemi Race Championship 2021 Willy Otra Bismar, mengatakan Batam Pandemi Race Championship 2021 merupakan lomba balap mobil berbasis online. Kata dia, perlombaan ini terbuka untuk umum dan tidak ada penentuan batas umur.

“Gelaran perlombaan ini mulai dari tanggal 25 sampai 28 Februari 2021. Total hadiah yang kami berikan sebesar Rp15 juta dan ada juga piala HWRT,” kata Willy, Kamis (25/2/2021).

Lanjut Willy, perlombaan ini tidak hanya untuk pertandingan, namun juga mencari bibit atlet simulator racing. Menurutnya, saat ini beberapa permainan (games) sudah masuk ke dalam cabang olahraga (cabor) e-sport.

“Di Kepri, khususnya Kota Batam, baru dua orang atlet kita, yakni bung Leo dan bung Fhirly Syah. Mereka sudah bertanding hingga kejuaraan nasional. Race Simulator ini, tingkat kejuaraannya mulai dari kejuaraan lokal, nasional hingga kejuaraan internasional,” ungkapnya.

Untuk pertandingan besok, sambung Willy panitia menyiapkan dua kategori atau kelas, yakni kelas time attack yang mengikutinya semua golongan atau bebas tanpa batasan umur. Di kelas ini, imbuhnya, peserta punya waktu 10 menit untuk mencari waktu terbaik agar bisa menjadi yang terbaik dari peserta lainnya.

“Untuk kelas ini pendaftarannya Rp50 ribu per orang bisa daftar di tempat (on the spot). Bisa mendaftar berkali-kali selama pertandingan,” ujarnya.

Sementara untuk kelas racing kompetisi pesertanya terbatas  hanya 16 orang saja. Di kelas ini, sambungnya, peserta akan berlomba dengan peserta lainnya laiknya mobil balap yang bertanding.

“Kelas Racing Kompetisi ini pendaftarannya Rp15 ribu per orang. Sirkuitnya kita ambil di Sentul, mobilnya juga kami tentukan yakni mobil BMW, di kelas ini sistemnya gugur,” ungkapnya.

Kata dia, simulator racing ini sudah masuk ke dalam E-Sport. Selain mengadakan kompetisi, mereka juga mencari bibit atau atlet untuk simulator racing.

“Kita sudah ada kejuaraannya, baik tingkat lokal, nasional hingga internasional. Makanya kami di sini juga sekaligus mencari bibit dari Kota Batam,” ungkapnya.

Nanti saat pertandingan, kata Willy akan ada penempatan 4 simulator di Grand Batam Mall. Sirkuit dan mobil yang dipakai sudah ditentukan oleh panitia acara.

“Sirkuitnya kita ambil di sirkuit Sentul dan mobil yang kita buat mobil merk BMW. Tidak ada seting-setingan, datang dan pakai mobilnya,” ujarnya.

Ia berharap, Batam Pandemi Race Championship 2021 bisa memperkenalkan permainan simulator kepada masyarakat Batam. Kata dia, di manapun bisa mengikuti perlombaan balap mobil tanpa adanya risiko kecelakaan yang fatal.

“Kalau sudah rame, bisa buat kompetisi dari rumah masing-masing. Sebab caranya online, dan IMI Kepri sangat mendukung kompetisi ini,” ujarnya. (ks10)