Grafis Perkembangan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau. (Sumber: Gugus Tugas Covid-19 Kepri)

Keprisatu.com – Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) termasuk dalam daftar kota Risiko Tinggi penularan Covid-19 di Indonesia.

Data peta risiko yang dapat diakses wartawan media daring ini dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Jumat (30/10/2020) menunjukkan Kota Batam di Provinsi Kepri masuk dalam daftar kota Risiko Tinggi kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia.

Dalam sehari per tanggal 30 Oktober 2020 saja, dilaporkan sebanyak 22 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam. Sehingga pada tanggal yang sama total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam sudah mencapai 2.834 pasien. Sebanyak 652 kasus aktif, 2.116 pasien yang sembuh, dan 66 pasien yang meninggal.

Kemudian tiga daerah lainnya di Provinsi Kepri dengan Risiko Sedang kenaikan kasus Covid-19 masing-masing Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Karimun.

Kabupaten Lingga dan Kabupaten Natuna, kedua daerah ini masuk dalam peta Risiko Rendah penambahan kasus Covid-19.

Sedangkan Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau termasuk daerah yang Tidak Terdampak Covid-19.

Pjs Gubernur Kepulauan Riau, Bahtiar Baharuddin sudah menegaskan akan turun langsung ke lapangan memimpin penanganan dan pengendalian kasus Covid-19 di Kota Batam, jika tidak ada perkembangan signifikan dalam sepekan mendatang.

Ia bahkan mengancam akan langsung turun berkantor di Kota Batam demi pengendalian dan penanganan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau. (ks04)

editor: arham