Ayo ramaikan Wisata Alam Taman Rusa Sekupang

Keprisatu.com -Liburan bagi keluarga keluarga kecl di Kota Batam, seakan jadi hal “wajib”. Apalagi saat ini, meski di lingkupi oleh pandemi Covid-19 berkepanjangan, namun berlibur dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, menjadi pilihan yang mesti dipertimbangkan.

Tak ada salahnya bagi anda yang punya keluarga kecil di rumah, menyisihkan waktu sejenak menikmati pemandagan dan wisata di Kota Batam. Salah satu alternatif yang bisa dijalani adalah Wisata Alam Taman Rusa di Sekupang.

Biaya masuk yang relatif murah , menjadikan tempat yang digagas oleh BP Batam ini sebagai tempat berwisata alternatif bagi warga Batam. Didukung pemandangan dan suasana pepohonan nan asri, dijamin, rasa anda akan merasakan plong saat berada disana.

Degan harga tiket masuk ke Taman Rusa BP Batam, untuk dewasa (umum) Rp5.000,- sedangkan untuk pelajar Rp2.500 (menunjukkan kartu pelajar), anda bisa berwisata sepuasnya.

Apalagi kabar terbaru, suasana asari disana akan diramaikan oleh Batam Tourism Promotion Board (BTPB) yang akan menggelar kegiatan Nomadic Community Fiesta (NCF).

NCF yaitu sebuah even seni, budaya dan olahraga yang mengikutsertakan 90 komunitas Batam.  NCF digelar di beberapa objek wisata di Batam, termasuk di antaranya akan dilaksanakan di Taman Rusa BP Batam, Sekupang, Batam, pada Sabtu (31/10/2020) dan Minggu (1/11/2020).

Direktur Eksekutif BTPB, Edi Sutrisno, mengungkapkan, kegiatan NCF untuk menghidupkan kegiatan pariwisata di Batam pada masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini dilakukan bergantian di semua objek wisata di Batam. Termasuk di Taman Rusa, BP Batam yang akan dimulai sejak pagi hingga sore hari,” kata Edi Sutrisno.

Edi Sutrisno, mengemukakan, ada 90 komunitas di Batam, yang jumlah anggotanya cukup besar dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Komunitas ini secara bergantian ikut di dalam NCF.

Pada kegiatan di Taman Rusa nanti, komunitas yang akan ikut, antara lain zumba, salsation, fotografer, jurnalis dan para bloggers.

“Dalam kegiatan ini, nantinya ada acara talkshow atau bincang-bincang ringan mengenai travel corridor arrangement (TCA) yang akan diisi oleh beberapa narasumber, seperti Plh. Kepala BP Batam,  Purwiyanto dan  Syamsul Bahrum (Pjs. Walikota Batam), serta beberapa narasumber lain di bidang pariwisata,” ujar Edi Sutrisno.

Dalam NCF ini, juga akan dihadiri Duta Wisata Kota Batam dan akan ada wisata kuliner. “Sudah ada 16 food stands yang akan ikut berpartisipasi, pembagian doorprize dari beberapa sponsor, dan juga fun game,” jelas Edi.

Edi mengemukakan, semua prosedur telah dilakukan, termasuk meminta izin dari Kepolisian untuk penyelenggaraan kegiatan ini. “Kami sudah mendapatkan izin dari Kepolisian dan tentunya wajib memenuhi penerapan protokol kesehatan (prokes),” jelas Edi Sustrisno.

Sementara itu, General Manager Hunian Gedung Agribisnis dan Taman BP Batam, Herawan, mengemukakan, pihaknya menyambut baik pelaksanaan kefiatan NCF yang akan dilakukan di Taman Rusa BP Batam.

Taman Rusa, sebagai salah satu lokasi yang dipilih oleh BPTB sedang melakukan persiapan, di antaranya adalah penyiapan sarana untuk penerapan protokol kesehatan covid 19. Sudah disiapkan fasilitasnya, untuk mencuci tangan dan sebagainya.

“Beberapa fasilitas terus dijaga kebersihannya. BP Batam pun selalu mengingatkan juga agar yang akan berkunjung ke Taman Rusa wajib untuk memakai masker dan menjaga jarak,” kata Herawan.

“Nanti akan ada tenaga medis selama acara berlangsung, baik dari Dinas Kesehatan Kota Batam, maupun dari RSBP Batam,” kata Herawan.

Jadi bagi Anda yang ingin berwisata di hari libur, ayo ke Taman Rusa, tapi ingat untuk selalu memakai masker, menyuci tangan, menjaga jarak fisik, dan menerapkan protokol kesehatan. (ks03)

Editor : Teguh Joko Lismanto