Seandainya sudah tidak ada harapan ketemu, maka seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 meninggal syahid.
Kapal Selam KRI Nanggala-402

Keprisatu.com – Tenggelamnya Kapal Selama KRI Nanggala-402 menjadi kabar duka bagi seluruh masyarakat Indonesia. Seandainya harapan ketemu sudah tidak ada, maka seluruh awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 meninggal syahid.

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengajak umat Islam menggelar Salat Gaib untuk para awak KRI Nanggala-402.

”Mari melaksanakan Salat Gaib agar semua dosa mereka Allah SWT ampuni dan pengabdian serta pengorbanan yang telah mereka berikan kepada bangsa dan negaranya menjadi ibadah serta mendapatkan ganjaran pahala yang sebesar-besarnya dari-Nya,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (26/4/2021).

Anwar melanjutkan, tenggelamnya KRI Nanggala-402 merupakan kabar duka bagi seluruh masyarakat Indonesia. Meski masih belum ketemu, dia mengajak seluruh masyarakat tetap berdoa agar KRI Nanggala-402 bisa ketemu.

“Tetapi kalau seandainya harapan itu tidak kita dapatkan, kita mengharapkan agar kita semua terutama pihak keluarga dapat menerima musibah ini dengan penuh ketabahan dan kesabaran,” ucapnya.

Dia pun mengutip salah satu hadits yang menerangkan tentang mati syahid ketika seseorang meninggal akibat tenggelam, “Siapa yang mati karena tenggelam maka dia mati dalam keadaan syahid. (HR Muslim 1915)”.

Anwar yakin, jika prajurit KRI Nanggala-402 sudah pemerintah nyatakan meninggal maka mereka telah menghadap Sang Pencipta dengan terhormat. Dia yakin sesuai hadist tersebut, awak kapal selam KRI Nanggala-402 meninggal syahid.

“Maka kalau seandainya memang mereka meninggal dalam keadaan seperti ini, maka mereka jelas telah pergi menghadap Tuhannya dalam keadaan terhormat. Karena berdasarkan hadist di mana Imam Muslim meriwayatkannya,” katanya. (ks04)

BACA JUGA BERITA LAIN:

Kepala Bappenas: Revitalisasi Penyengat Harus Manfaat

Pentingnya Makanan Manis saat Berbuka Puasa

Kumulatif Konfirmasi Corona di Tanjungpinang Dekat 2.000 Kasus

Seorang Kiai Menjodohkan UAS dengan Fatimah Az Zahra

Ada Temuan Kepingan Diduga dari Komponen Kapal Selam yang Hilang

Terkumpulnya Dua Jihad Orang Mukmin di Ramadan

Pembangunan Jembatan Batam – Bintan Pakai Skema KPBU