Usep RS Ketua Umum KONI Kepri

Batam, Keprisatu.com – Setelah selama dua tahun vakum , akhirnya kepengurusan Persatuan Basket Indonesia Provinsi Kepri (Perbasi) Kepri periode 2022-2026 terbentuk. Perbasi Kepri juga telah memiliki Ketua Umum yang mereka pilih melalui Musprov yaitu Asmin Patros.

Namun menariknya, sebelum terpilih menjadi ketua, Asmin bahkan tidak masuk dalam daftar calon ketua Umum Perbasi. Dua kandidat kuat ketua adalah Suhadi dan Hendra Asman. Namun saat pemilihan, Suhadi dan Hendra sama sama memperoleh tiga suara. Sementara satu suara dinyatakan tidak sah. Keduanya sama sama mengantongi tiga suara.

Wawan Mulyana Wakil Ketua BP Perbasi,Drs Moch Ikhsan Kadispora Kepri, Usep RS Ketua KONI Kepri, Hendra Asman, Suhadi, Putri

Hingga akhirnya  Asmin Patros terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Perbasi Kepri periode 2022-2026. Asmin terpilih dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) yang digelar di Swiss-BelHotel, Harbour Bay, Batam, Sabtu (16/4).

Suasana pemilihan ketua dalam Musprov Perbasi Kepri berlangsung alot dan menegangkan. Pimpinan sidang sampai terpaksa harua melakukan skors selama dua kali.

Dalam hasil voting, dua kandidat ketua, Suhadi dan Hendra Asman sama sama memperoleh tiga suara. Sementara satu suara dinyatakan tidak sah.

Peserta MUSPROP PERBASI dari 7 kabupaten/kota se Kepri

Musprov Perbasi Kepri diikuti tujuh pengkab/pengkot se-Kepri. Ketujuh pengkab/pengkot Perbasi ini yang berhak memberikan suara dalam Musprov perbasi Kepri.

“Hasil voting, kedua kandidat memberoleh hasil imbang, yakni tiga suara. Setelah dilakukan mediasi keduanya sama-sama ngotot untuk tetap menjadi ketua,” papar Asmin Patros, Sabtu (16/4).

Melihat ini, Organizing commitee dan Sterring Commitee berusaha untuk terus memediasi kedua kandidat. Tetapi hingga dua kali skorsing kedua kandidat tetap bersikukuh maju sebagai ketua.

Asmin Patros ,   Ketua Perbasi Kepri 

Tak ingin berlarut-larut, Asmin Patros memberikan usul yang bisa diterima oleh kedua kandidat ketua. Asmin meminta keduanya untuk mundur sebagai kandidat ketua dan dirinya akan memegang tampuk kepemimpinan Perbasi Kepri jika diisetujui peserta.

Usul Asmin diterima kedua kandidat ketua. Setelah kedua kandidat menyatakan mundur, peserta menyetujui secara aklamasi Asmin menjadi Ketua Perbasi Kepri 2022-2026.

Asmin mengatakan tujuan penyelenggaraan musprov adalah untuk memilih ketua dan kepengurusan baru Perbasi Kepri. Tentu saja harapannya, lanjut Asmin, lebih baik dibanding kepengurusan sebelumnya.

“Bagaimana bisa lebih baik jika di awal saja sudah muncul perpecahan saat pemilihan ketua. Ini menjadi latar belakang alasan saya mau kembali menjabat sebagai Ketua Perbasi Kepri,” urainya.

Asmin Patros sendiri bukan orang baru di dunia basket Kepri. Ia terhitung pernah menjabat sebagai Ketua Perbasi selama dua periode.

“Saya terpanggil kembali karena sidang akan berakhir dengan deadlock. Dan ini sangat berbahaya bagi pembinaan basket Kepri,” urainya.

Ia juga menuturkan keberhasilan Perbasi Kepri menuntaskan musprov tak lepas dari kebesaran hati kedua kandidat ketua. Asmin mengatakan kedua kandidat ketua tetap berada dalam struktur Perbasi Kepri.

“Suhadi nanti sebagai wakil ketua organisasi dan hubungan daerah. Sedang Hendra Asman sebagai wakil ketua pembinaan,” tegas Asmin. “Mari jayakan basket di Kepri dengan target lolos ke PON Aceh-Sumut 2024. Jika ini dikerjakan bersama dan iklas maka insya allah akan terwujud,” pintanya.

Sedang Wakil Ketua Bidang Organisasi PP Perbasi Wawan Mulyana mengatakan polemik yang terjadi saat musprov Perbasi Kepri adalah bukti indahnya demokrasi dan dinamika organisasi. “Jika perjuangan cukup berat isi dengan sesuatu yang baik,” pesannya.

“Sehingga bisa menghantarkan atlet Kepri ke jenjang yang lebih tinggi. Lolos PON atau bahkan masuk timnas,” tambah Wawan.

Ia juga memberikan apresiasi pada pengurus pengkab/pengkot Perbasi se-Kepri. “Juga apresiasi pada dua kandidat ketua yang legowo mundur dari panggung pemilihan,” ucapnya.

Ia meminta ketua terpilih untuk terus memberikan atensi pada pembinaan basket di Kepri. “Asmin punya tugas berat untuj bisa terus memberikan atensi secara khusus pada pembinaan basket di kab/kota di Kepri,” pinta Wawan.

Sesang Ketua KONI Kepri Usep RS menyambut baik terpilihnya Asmin Patros sebagai Ketua Perbasi Kepri 2022-2026. Selain itu ia juga mengapresiasi penyelenggaraan Musprov Perbasi Kepri.

“Penyelenggaraan Musprov Perbasi Kepri sangat menggembirakan karena sudah dua tahun Perbasi Kepri vakum,” tuturnya.

Pembenahan organisasi menjadi dokus perhatian KONI Kepri seiring dengan gelaran Porprov, November mendatang. “Legalitas Perbasi Kepri sebagai salah satu cabor anggota koni diperkukan untuk keikutsertaannya dalam Porprov,” kata Usep.

“Semoga Ketua terpilih bisa membawa basket Kepri semakin maju di masa mendatang. Ini juga tugas dari ketua terpilih untuk bisa meraih prestasi di Porwil Sumatra dan meraih satu tiket untuk berlaga di PON 2024,” pesannya.

Sementara itu Kadispora Kepri Ichsan meminta tetap terjalin kerjasama dan menjaga serta meningkatkan prestasi basket Kepri. Ia mengatakan Pemprov Kepri berusaha meningkatkan dan mempertahankan prestasi basket Kepri di nasional maupun internasional.

“Untuk pembinaan prestasi perlu perencanaan yang terarah dan terukur. Ini menjadi panduan utama dalam peningkatan pembinaan prestasi keolahragaan,” tutupnya. (*KS03)