Makkah

Keprisatu.com –  Pemerintah Arab Saudi sedang bersiap-siap untuk membuka kembali pelaksanaan ibadah umrah.

Penerbangan internasional juga akan dicabut Pemerintah Arab Saudi mulai hari ini 15 September 2020.

“Kerajaan akan mengakhiri seluruh pembatasan pada transportasi udara, darat, dan laut setelah 1 Januari tahun depan,” kata pihak Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi seperti dikutip Arab News, Minggu (13/9/2020).

Sebelumnya, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Nizar Ali menyatakan bahwa ibadah umrah akan segera dibuka dengan penyesuaian biaya.

“Biaya umrah bagi jamaah yang sempat tertahan harus disesuaikan. Meski pada awalnya Pak Menag menyatakan tidak ada kenaikan biaya lagi kalau ada penjadwalan umrah kembali,” kata Nizar saat seminar “Jabar Juara Umrah” di Hotel Grand Preanger, 12 Agustus 2020 lalu.

“Belum lagi dengan kenaikan pajak dari Arab Saudi yang kini mencapai 15 persen. Tentu kenaikan biaya pajak ini dibebankan kepada jamaah,” ujarnya.

Belum lagi dengan adanya adaptasi kebiasaan baru (AKB) saat pandemi seperti keharusan adanya tes swab baik di tanah air maupun di tanah suci.

“Biaya lain tentu saja seperti tiket pesawat terbang, biaya hotel maupun transportasi darat yang juga pasti disesuaikan. Kami minta pihak perusahaan penyelenggara umrah agar menghitung ulang biaya umrah ini agar bisa impas,” katanya. (KS 04)