Keprisatu.com – Polsek Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam memeriksa barang bawaan para penumpang yang tiba di Batam guna mencegah barang berbahaya dan terlarang masuk di Kota Batam.

Setidaknya, pemeriksaan ini berlangsung di Pelabuhan Internasional Batam Center, Pelabuhan Harbour Bay dan Pelabuhan Domestik Batuampar yang berlangsung pada Rabu (3/3/21).

Kapolsek KKP Batam AKP Budi Hartono mengatakan, hal ini dilakukan mengingat Kota Batam merupakan wilayah perbatasan dan sebagai transit para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Untuk itu pihak Kepolisian meningkatkan pengecekan barang-barang bawaan penumpang yang baru tiba dengan menggunakan Kapal Ferry.

“Dalam pelaksanaan pengecekan barang bawaan penumpang yang tiba di Batam tidak ditemukan barang-barang berbahaya maupun terlarang serta kegiatan berjalan lancar, aman dan tertib,” katanya.

Menurutnya, pihaknya juga melakukan peningkatan kewaspadaan terhadap orang maupun barang bawaannya yang baru tiba maupun yang akan berangkat dengan menggunakan Kapal Laut.

“Hal ini supaya barang-barang tersebut tidak masuk ke Batam, maka kami dari Kepolisian Kawasan Pelabuhan rutin melaksanakan pemeriksaan barang bawaan penumpang di setiap Pelabuhan yang ada di Batam,” jelasnya.

Personel Kepolisian Kawasan Pelabuhan Batam dijelaskannya pada kesempatan ini juga melaksanakan pemeriksaan terhadap identitas dan barang bawaan penumpang kapal KM Kelud yang tiba di Batam dari Belawan Medan yang turun di pelabuhan Batu Ampar Rabu (3/3/21).

Dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap identitas serta barang bawaan penumpang yang turun dari Kapal Kelud di Pelabuhan Batuampar Batam.

“Dari hasil pemeriksaan tersebut, tidak ditemukan pelaku pelanggaran dan barang-barang yang terlarang,” jelasnya lagi. Kegiatan ini ditambahkannya, juga dilakukan guna mengantisipasi dan mencegah, serta melakukan penindakan secara hukum terhadap premanisme, narkoba dan pelaku-pelaku kejahatan di wilayah pelabuhan yang berada Di Batam.

Serta memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dan pihaknya juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban.

“Ini guna terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif serta menghimbau agar selalu mematui protokol kesehatan yaitu dengan selalu memakai masker menjaga jarak, mencuci tangan serta tidak berkumpul kumpul,” katanya.

KM Kelud sendiri, tiba di Batam sekira pukul 13:10 WIB dari pelabuhan Belawan Medan. Kapal ini menurunkan penumpang sebanyak 665 orang, penumpang lanjutan 50 orang serta penumpang naik dari Batam 166 orang dengan tujuan Tg Priok Jakarta. Sekira pukul 16:00 WIB KM Kelud Kembali berlayar dari Batam Tujuan Tg Priok Jakarta. (KS14)

Editor : Tedjo