Direskrimsus lakukan pengecekan alat swab di Bandara Hangnadim Batam

Keprisatu.com – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri melakukan pengecekan antisipasi terhadap dugaan penggunaan daur ulang alat swab di Kota Batam, Kepri.

Tim melakukan pengecekan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan Tempat pembuangan limbah RSPB Kota Batam, Rabu (28/4/21).

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimum) Polda Kepri Kombes Pol Teguh Widodo melalui Kasubdit I AKBP. Tidar Wulung Dahono mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan terhadap informasi dugaan penggunaan daur ulang alat swab di wilayah Kepri yang dilaksanakan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan RSBP Kota Batam yakni di Bandara Internasional Hang Nadim Batam masih menggunakan swab antigen dan genose.

“Dari hasil pengecekan di lapangan bahwa swab antigen yang berada di Bandara Hang Nadim Batam masih dalam kondisi tersegel,” katanya, Kamis (29/4/21).

Berdasarkan pengecekan alat yang digunakan untuk swab antigen tersebut dibuang di tempat sampah dan kemudian dikompulir di satu tempat untuk di angkut setiap pukul 07.00 WIB.

Berikutnya dibawa ke tempat pembuangan limbah RSBP Kota Batam.

RSBP Batam pun menerima limbah hasil pengecekan rapid antigen dan genose dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan kemudian hasil limbah tersebut dimusnahkan atau dibakar.

“Dalam hal melakukan pemusnahan RSBP tetap menggunakan SOP dengan menggunakan disignfektan terlebih dahulu dan kemudian langsung ke insenerator,” jelasnya.

Diaimpulkannya,berdasarkan pengecekan tidak ditemukan adanya daur ulang terhadap alat swab di Kota Batam, Kepri. “Dimana selama pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (KS14)

Editor : Tedjo