puting beliung
Kondisi atap rumah warga terhempas angin puting beliung dan menimpa rumah di sebelahnya.

Keprisatu.com – Musibah angin puting beliung kembali menghantam puluhan rumah di Kota Batam, Provinsi Kepri pada  Ahad (8/3/2021) siang.

Kali ini angin memutar ini menghantam setidaknya sebanyak 26 rumah yang ada di Perumahan Pesona Bukit Laguna, Kelurahan Tanjungpiayu, Kecamatan Sungai Beduk, Kota Batam.

Akibatnya, atap rumah yang terbuat dari asbes pecah porak-poranda. Sedangkan atap yang terbuat dari spandek, banyak yang tergulung hingga lepas.

Mardelina, salah satu warga menceritakan kalau saat kejadian mereka tengah istirahat siang. “Kami sekeluarga tengah tidur siang. Mendadak ada suara bergemuruh, lalu brak! Waktu itu saya tengok keluar, atap rumah rumah kami sudah tertimpa atap spandek rumah sebelah,” tutur Mardelina.

Begitu juga yang diceritakan oleh Jailani Yusuf, imam masjid  Nurul Hijrah, Perumahan Pesona Bukit Laguna. Sesaat sebelum kejadian, dirinya tengah memimpin salat dhuhur. Seusai salam, tiba-tiba saja ada suara yang bergerak di atas atap masjid.

“Persis sesudah salam, mendadak ada suara seperti pasir dan koral yang bergerak di atas spandek masjid. Lalu, jamaah bubar menyelamatkan diri,” ungkap Jailani Yusuf.

Menurut Yusuf, suara angin dan suara berisik seperti material bergerak di atas spandek masjid itu terus terdengar bergemuruh.

“Kejadiannya hampir lima menit, atap juga rusak terangkat,” imbuh dia.

BACA BERITA LAIN:

Tan A Tie: Masyarakat Masih Keluhkan Layanan Air

Air Berwarna Biru Bukan dari Pipa PT Moya

Akibat hantaman puting beliung ini, setidaknya ada 26 rumah rusak di RW yang ada di Perumahan Pesona Bukit Laguna, Glory, dan Oleana yang berada satu kompleks.

Warga kemudian secara bersama-sama bergoyong-royong memperbaiki rumah warga yang rusak. “Ada 26 rumah yang terdata, rusak di bagian atap, sebagian sudah diperbaiki. Tim dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Sungai Beduk juga sudah turun,” ujar Risna, seorang warga lainnya. (ks15)

editor: tedjo