Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Keprisatu.com – Pemerintah Kota (Pemko) Batam tengah mempersiapkan Travel Corridor Arrangement (TCA) pada bulan April mendatang. Saat ini pemerintah pusat mempercayakan Kawasan Nongsa di Batam dan Lagoi di Kabupaten Bintan untuk kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman).

“Kawasan Nongsa akan menjadi kunjungan wisatawan asing di Batam,” kata Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, Sabtu (27/3/2021).

Kata Amsakar, ditunjukan kawasan Nongsa sebagai kunjungan wisman ini merupakan arahan dari Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno beberapa waktu lalu. Untuk itu, Pemko Batam tengah mempersiapkan segala sesuatunya.

“Kemarin waktu pak Sandi datang ke sini, kawasan Nongsa ini ditunjuknya. Kami juga sudah menggelar pertemuan dengan stekholder dan juga pelaku pariwisata di kawasan Nongsa,” ucapnya.

Sebelum dibukanya kunjungan wisatawan asing ini, Pemko Batam meminta kepada semua pelaku pariwisata agar benar-benar perhatikan protokol kesehatan (protkes) dengan ketat. Upayakan mulai dari penjemputan di pelabuhan, check in di hotel hingga ke cafe, restoran hingga main golf pun harus diatur Protkes nya dengan ketat.

“Kita tidak mau kecolongan ada klaster baru dari wisatawan asing. Apalagi saat mereka balek Negera masing-masing membawa virus ini dari Batam, hal ini akan berdampak buruk bagi dunia pariwsata di Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Amsakar, pelaku pariwsata khususnya di kawasan Nongsa setuju dengan perketat protkes. Sementara ini, untuk akses pelabuhan ferry mungkin di terminal Nongsa Pura.

“Kedepannya kalau ini berjalan baik dan tidak ada dampak penyebaran Covid-19 tidak menutup kemungkinan akan berdampak diluar kawasan Nongsa. Tidak ada masalah juga apabila ada teman kita datang dari Singapura dan kita berkunjung ke tempat hotelnya, asalkan protkes ya diperhatikan dengan ketat,” ungkapnya.(KS10).

Editor : Tedjo