Keprisatu.com – Alhamdulillah, kasus corona di Provinsi Kepri saat ini sudah cenderung turun. Namun, masyarakat jangan sampai lengah, tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang benar.

Saat memimpin rapat virtual dengan kabupaten/kota se-Kepri, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, berterima kasih atas kerja keras seluruh tim yang menangani corona di Kepri. ”Sehingga kasusnya cenderung menurun,” ujar Ansar, Jumat (5/3/2021) dari ruang rapat utama lantai 4 Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang.

Namun dia mengingatkan agar tim tidak lengah, tapi terus mengingatkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan benar. Terutama di tempat-tempat umum, tempat masyarakat berkerumum seperti di pasar, tempat-tempat hiburan malam, dan tempat-tempat ibadah.

”Selanjutnya kita akan mengadakan rapat, terkait upaya pemulihan ekonomi. Dengan catatan, kita harus betul-betul bisa mempertahankan atau menekan covid-19 di Kepri,” kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kepri ini.

BACA JUGA:

Alhamdulillah, Kasus Aktif Covid-19 Kepri Jauh Menurun

HM Rudi: Mari Jaga Sesama dari Paparan Covid-19

Pekerja Pariwisata Jalani Vaksinasi Covid-19

Dalam pada itu, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah memaparkan kasus covid-19 di seluruh kabupaten/kota di Kepri sudah mengalami penurunan. Sebut Arif, semuanya sudah berada dalam zona kuning (risiko sedang).

Berdasakan dari data yang ada, kesembuhan covid-19 di Kepri mencapai 95,7 persen, sedangkan nasional hanya 86,4 persen. Begitu juga tingkat kematian di Kepri cenderung kecil atau hanya 1,7 persen, di mana nasional mencapai 2,5 persen.

“Dari pantauan dan hasil survei, penyakit diabetes melitus merupakan penyakit penyerta yang paling rentan terhadap virus covid-19 ini. Sebagian kasus covid-19 yang meninggal karena ada penyakit bawaan ini,” kata Arif, selaku Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Kepri. (ks04)