Beranda Kepri Hitung Cepat Pilkada Kepri versi KPU, Ini Aksesnya

Hitung Cepat Pilkada Kepri versi KPU, Ini Aksesnya

84
0

Keprisatu.com – Masyarakat hingga Rabu (9/12/2020) sudah melakukan pencoblosan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri. Hasil hitung cepat Pilkada Kepri 2020 bisa diakses dari rekapitulasi elektronik KPU yang versi Sirekap.

Sirekap merupakan pengganti Situng, Sistem Informasi Penghitungan suara yang sempat KPU terapkan di pemilu-pemilu sebelumnya, termasuk Pilpres 2019.

KPU menetapkan Sirekap memiliki dua jenis fungsi dalam Pilkada Serentak 2020. Pertama, Sirekap sebagai alat bantu dalam proses rekapitulasi hasil perolehan suara yang secara berjenjang dari tingkat TPS, PPS, PPK, dan KPU Kabupaten/Kota.

Kedua, Sirekap menjadi sarana publikasi data hasil penghitungan suara dari seluruh TPS dan setiap jenjang rekapitulasi, di mana publik bisa mengaksesnya.

BACA JUGA: Semua TPS Pakai Sirekap di Pilkada Serentak 2020

Namun hasil rekapitulasi di Sirekap tidak menjadi dasar penentuan Hasil Pilkada 2020 atau pemenang pemilihan.

Penentuan pemenang Pilkada 2020 tetap akan didasarkan pada hasil rekapitulasi manual. Sirekap memakai formulir C.Hasil-KWK dari setiap TPS sebagai sumber data utama.

Hitung Cepat, Ini Aksesnya

Adapun cara mengakses data hasil Pilkada 2020 versi Sirekap KPU adalah sebagai berikut:

1. Buka laman infopemilu.kpu.go.id, klik Menu Pilkada 2020, dan klik Menu Hasil

2. Untuk akses lebih cepat, kopi atau klik link ini: https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp

3. Jika sudah masuk Menu Hasil akan terlihat peta daerah pemilihan

4. Klik Menu Tampilkan Filter

5. Pilih Menu Pemilihan Bupati/Walikota atau Pemilihan Gubernur

6. Pilih provinsi lokasi pilkada

7. Setelah itu akan tampil informasi hasil cepat dari setiap pilkada di provinsi tersebut

8. Hasil hitung cepat Pilkada 2020 disajikan dalam bentuk diagram lingkaran dan disertai info jumlah TPS yang sudah menyelesaikan penghitungan suara.

Hingga pukul 16.32 WIB, Rabu (9/12/2020), Sirekap KPU sementara mengunggulkan pasangan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina. Ansar- Marlin 43,8 persen, Isdianto-Suryani 31,3 persen, dan Soerya Respationo-Iman 24,8 persen.

Namun hasil Sirekap ini baru berasal dari 21 TPS dari 4062 TPS se-Kepri. Atau baru sekitar 0,52 persen dari TPS yang ada di Kepri. (ks04)

editor: arham