Vaksinasi dilakukan terhadap Nakes di Karimun

Keprisatu.com – Sebanyak 1.499 tenaga kesehatan di Karimun telah mengikuti program vaksinasi tahap pertama untuk wilayah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Adapun jumlah itu setelah tahapan vaksinasi di Kabupaten Karimun mulai dijalankan sejal 30 Januari 2021 lalu.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau TS Arif Fadillah mengatakan, jumlah keseluruhan tenaga kesehatan di Kabupaten Karimun ialah 2.021 orang dengan 96,8 persen diantaranya telah menjalani vaksinasi.

“Target kita ada 2.021 nakes yang dilakukan vaksinasi. Saat ini sudah 96,8 persen atau 1.499 nakes yang sudah,” kata Arif ditemui di Karimun belum lama ini.

Ia mengatakan, dari 2.021 nakes itu 468 diantaranya gagal dilakukan vaksinasi. Hal itu karena ratusan nakes itu tidak lolos dalam screening yang dilakukan Tim Vaksinator Covid-19.

“Saya mengapresiasi atas pelaksanaan vaksinasi terhadap nake di Kabupaten Karimun yang telah mencapai 96,8 persen. Ini paling tinggi di Provinsi Kepri,” kata pria yang juga menjabat sebagai Plt Gubernur Kepri itu.

Sementara pelaksanaan vaksinasi tahap pertama secara keseluruhan bagi Nakes di Provinsi Kepri, Arif menyebut secara persentase sudah mencapai 89 persen.

“Sudah 89 persen ya, bulan Februari ini kita targetkan sudah selesai vaksinasi bagi Nakes ini,” ujarnya. “Kita berharap akhir bulan ini sudah datang vaksinasi tahap kedua bagi TNI, Polri dan ASN,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, suksesnya pelaksanaan vaksinasi tahap pertama tersebut tidak terlepas dari peran semua pihak terkhusus tenaga kesehatan sebagai penerima vaksin.

“Alhamdulillah vaksinasi tahap pertama berjalan baik dan sudah mencapai 96 persen, ini berkat persiapan semua pihak yang baik dan kesadaran tenaga kesehatan itu sendiri untuk melakukan vaksinasi ini,” kata Rafiq.

Ia menjelaskan, perihal adanya Nakes yang batal sebagai penerima vaksin, dirinya menyarankan agar vaksin tersebut diberikan ke tokoh masyarakat atau agama.

“Kelebihan vaksin akibat Nakes yang batal ini bisa kita berikan untuk tokoh-tokoh di Karimun,” kata Rafiq. (KS12)

Editor : Joko