dr Didi Kusmarjadi, Kepala Dinkes Kota Batam (Foto Istimewa)

Keprisatu.com –  Jumlah warga Batam terkonfirmasi Covid-19 Kota Batam mengalami pasang surut.  Rilis dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam yang dikeluarkan di waktu yang bersamaan yaitu pada Rabu (9/9/2020) menyatakan 46 warga Batam terpapar COvid-19. Sedangkan total pasien sembuh 514

Di hari yang sama, Tim Gugus Tugas Copvid-19 Kota Batam juga merislis sebanyak 69 pasien terkonfirmasi positif, dinyatakan  sembuh dan bisa pulang .

Mereka yang sembuh ini kebanyakan adalah pasien yang berstatus asmimtomatik (pasien tak bergejala) sedangkan pasien yang sembuh lainnya berstatus suspek.

Suspek merupakan orang yang memiliki gejala batuk pilek, demam atau sakit tenggorokkan yang memiliki riwayat perjalanan ke wilayah penyebaran nCoV maupun memiliki riwayat kontak dengan penderita nCoV.

“Total kumulatif terjangkit Covid-19 adalah 870, sembuh : 514, meninggal : 36, dan yang masih dirawat 320,” papar dr Didi Kusmarjadi, SpOG dalam rilis Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Rabu (9/9/2020).

Dari jumlah kumulatif pasien yang dinyatakan sembuh, diantaranya adalah ASN Nakes dan Pemko , Karyawan Swasta, Penjual Jamu Gendong,   ibu rumah tangga, anggota POLRI dan pelajar.

Kondisi banyaknya warga Batam yang sembuh dari Covid ini praktis mempengaruhi grafik persebaran jumlah kumulatif pasien Covid-19 berdasarkan kecamatan.

Peta Situasi Terkini Positif Covid-19 Masih  dalam Perawatan Berdasarkan Kecamatan Selasa, 8 September 2020

Sebelumnya, Selasa (8/9/2020) peta Situasi Terkini Positif Covid-19 Masih  dalam Perawatan Berdasarkan Kecamatan menunjukkan sebagian besar berwarna merah yang berarti jumlah pasien yang dirawat diangka lebih dari 21 orang.

Selang sehari kemudian tepatnya di Rabu (9/9/2020), bertambahnya jumlah pasien sembuh yaitu 69 orang, praktis mempengaruhi peta Situasi Terkini Positif Covid-19 Masih  dalam Perawatan Berdasarkan Kecamatan.

(Sehari kemudian)  Peta Situasi Terkini Positif Covid-19 Masih  dalam Perawatan Berdasarkan Kecamatan Rabu, 9 September 2020

Terlihat bahwa dalam peta menunjukkan warna merah muda di tiga kecamatan yaitu Seibeduk, Nongsa dan Batuampar, yang menunjukkan jumlah pasien yang dirawat berada di kisaran angka 11-20 orang.

Yuk, Warga Batam sama sama mendoakan warga Batam lainnya yang sedang dirawat segera sembuh!

(ks03)