Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin melantik 400 anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Batam masa bakti tahun 2020-2025, Jumat (25/9).

Keprisatu.com – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin melantik 400 anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Batam masa bakti tahun 2020-2025, Jumat (25/9) sore di Dataran Engku Putri.

Jefridin yang didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata berharap para anggota Pokdarwis yang dilantik dapat membantu jumlah kunjungan wisatawan ke Batam.

Dalam sambutannya, Jefridin mengatakan bahwa pada tahun lalu, Batam merupakan daerah kedua di Indonesia yang menjadi tujuan wisata setelah Bali.

Namun, jumlah kunjungan wisatawan ke Batam sepanjang tahun 2020 mengalami perununan drastis dikarenakan pandemi Covid-19.

“Tidak hanya Batam yang mengalami penurunan itu, yang lain juga termasuk Bali. Dan ini menjadi tugas kita untuk dapat memulihkannya kembali di tahun depan,” kata Jefridin.

Salah satu tugas yang harus segera dilakukan oleh para anggota Pokdarwis adalah mendata destinasi wisata yang ada di Kota Batam.

Ini bertujuan agar Batam kembali menjadi daerah tujuan wisata para wisatawan baik domestik maupun mancanegara pasca pandemi Covid-19.

“SK (Surat Keputusan) sudah dibacakan dan saya berharap semuanya dapat bekerja dengan baik, terutama di era new normal. Kita harus bisa menerapkan protokol kesehatan dengan maksimal,” ujar Jefridin lagi.

Menurut Jefridin, rencana pemerintah yang akan memproduksi vaksin  diharapkan dapat memberikan angin segar kepada dunia pariwisata Kota Batam.

Sektor pariwisata seperti hotel dan lainnya akan hidup kembali dan Batam akan menjadi tujuan utama para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Sementara itu, Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata meminta agar para anggota Pokdarwis yang sudah dilantik mampu merapatkan barisan dan menciptakan program yang dapat menggairahkan dunia pariwisata.

Anggota yang sudah dilantik dapat segera bekerja, menyusum dokumen kerja, mendata destinasi wisata yang dilelola Pokdarwis sebelumnya, membirofikasi Pokdarwis dan berkoordinasi dengan Pokdarwis di kelurahan dan kecamatan,” kata Ardiwinata.(ks09)