Anggota DPRD Kabupaten Karimun Charlie Dona menyematkan tanda peserta kepada pelaku usaha.

Karimun, Keprisatu.com – Dinas Perdagangan, Koperasi UMKM dan ESDM Karimun melalui Bidang Koperasi Usaha dan Mikro menggelar Kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan kepada Pelaku UMKM di Kabupaten Karimun, Selasa (13/12/2022).

Kegiatan itu dibuka oleh Asisten III Pemkab Karimun Abdullah dan dihadiri Anggota DPRD Karimun Charlie Dona yang berlangsung di Ballroom Hotel Balai View.

Penyuluhan tersebut diikuti 40 peserta dari Pelaku UMKM di Kabupaten Karimun. Melalui kegiatan itu, para pelaku UMKM akan diberikan pemahaman seputar dunia usaha, termasuk terkait keamanan produk yang akan dipasarkan.

Asistan III Pemkab Karimun Bidang Perekonomian Abdullah mengatakan, kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha mikro agar dapat memproduksi makanan yang aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Aman dalam arti kata, bahan- bahan yang digunakan memiliki tingkat keamanan yang tinggi baik dari sisi kesehatan dan kehalalan-nya,” kata Abdullah usai membuka kegiatan.

Ia berharap melalui penyuluhan yang diberikan dapat memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha mikro di Karimun agar bisa memproduksi produk- produk yang aman untuk konsumen.

“Disini diberikan lagi pengetahuan kepada mereka, bahwa hal terpenting dalam memproduksi produk, ialah keamanan produk tersebut, setidaknya memiliki izin dan juga label halal,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Karimun Charlie Dona berharap, dengan kegiatan penyuluhan keamanan pangan dapat memacu pelaku usaha mikro untuk mengembangkan usahanya dengan meningkatkan mutu keamanan produk.

“Pelaku usaha mikro bisa menghasilkan produk yang bermutu dengan mengedepankan keamanan,” katanya.

Dona menyebutkan, kegiatan-kegiatan seperti ini juga diharapkan dapat terus terlaksana dan berkelanjutan. Menurutnya, kegiatan seperti ini juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sebanyak 40 peserta ini akan menjalani penyuluhan selama 4 hari, dimana usai kegiatan mereka akan mendapatkan sertifikat. (KS03)

Editor : Teguh Joko Lismanto