Infografis Update Corona

Keprisatu.com – Jumlah warga Batam yang terpapar Covid-19 sampai dengan Selasa 29 September 2020 adalah 1.575 orang.  Angka yang dirilis dari Data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam tersebut, menyebabkan sebagian besar wilayah di Batam (kecamatan)  di Kota Batam, masih  berada di zona merah.

Dari jumlah 1.575 orang pasien, memunculkan klaster baru yaitu klaster pekerja di kawasan Mukakuning, Kota Batam.  Total pasien Covid-19 pada klaster tersebut,  mencapai 317 orang.

Klaster Mukakuning ini bermula ketika ditemukan kasus penghuni dormitory (asrama) karyawan yang terpapar Covid-19. Persebaran kasusnya semakin meluas hingga data terakhir ada 17 perusahaan yang karyawannya terpapar Covid-19.

Rincian 317 kasus tersebut, tersebar di 17 perusahaan di kawasan Mukakuning yaitu

  1. PT BIC sebanyak 9 orang
  2. PT Schneider sebanyak 5 orang
  3. PT JMS sebanyak 4 orang
  4. PT Rubycon sebanyak 3 orang.
  5. PT Kemet sebanyak 7 orang
  6. PT Sumitomo sebanyak 9 orang
  7. PT Excelitas sebanyak 7 orang
  8. PT Infineon sebanyak 88 orang
  9. PT WIK sebanyak 3 orang.
  10. PT PhilipsIndustries Batam sebanyak 171 orang.
  11. PT Flextronics sebanyak 3 orang
  12. PT SIIX sebanyak 1 orang
  13. PT Epson sebanyak 2 orang
  14. PT Hoonfong sebanyak 1 orang
  15. Pegawai Bank Mandiri KCP Batamindo sebanyak 2 orang
  16. PT NOK sebanyak 1 orang
  17. PT Varta sebanyak 1 orang.

Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19,  dr Didi Kusmarjadi mengatakan petugas masih terus melakukan upaya penelusuran kontak (tracing) pada klaster tersebut.

Didi juga menyebutkan bahwa tingginya angka penyebaran Covid-19 di dua PT (Infeneon dan Philips) kemungkinan dipengaruhi adanya kesalahan atau kekeliruan dalam menjalankan protokol kesehatan di perusahaan.

“Bisa jadi ada yang salah dalam menjalankan protkes. Namun, kalau memang ingin mengetahui hasilnya secara cepat, maka salah satu pilihannya adalah swab massal dan bukan rapid,” ujar dr Didi.

Sementara itu, Camat Seibeduk Gufron SE, kepada Keprisatu.com mengatakan bahwa sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Sungai Beduk, pihaknya sudah melakukan tugas dan fungsinya dalam menjalankan sosialisasi tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan.

Perusahaan perusahaan tersebut, menurut Gufron, berada di wilayah Kecamatan Sungai Beduk. “Kami sudah kerap mensosialisasikan protokol kesehatan kepada pihak perusahaan, namun sepertinya di dalam sana (perusahaan), kurang berjalan maksimal,” ujar Gufron.

Dari total kumulatif pasien Covid-19 di Kota Batam, yang sudah dinyatakan sembuh adalah 1002 orang. (ks03)