Anggota PPM Kota Batam menguliti hewan kurban yang dagingnya dibagikan kepada anggota dan masyarakat sekitar Kantor PPM Kota Batam di Marchelia, Jumat (31/7/2020).

Keprisatu.com – Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Batam pada hari raya Idul Adha 1441 H yang jatuh pada Jumat (31/7/2020), menunjukkan kepedulian terhadap anggotanya dan masyarakat sekitar. Organisasi ini berkurban 2 sapi dan 8 kambing, penyembelian dilaksanakan di Kantor PPM Kota Batam.

Ketua Panitia Kurban PPM Kota Batam, Iskandar mengatakan daging hewan kurban dibagi dalam 380 kupon. Pendistribusian daging kurban ini, 50 kupon dibagikan kepada panitia dan 330 kupon dibagikan kepada ranting-ranting PPM Kota Batam dan masyarakat sekitar seperti Kampung Nanas Marchelia, Batam Center.

“Pemotongan hewan kurban memakai alat khusus dan menerapkan protokol kesehatan, sehingga memberikan keselamatan bagi pemotong maupun hewan kurban itu sendiri. Tahun depan, kita akan memperbanyak hewan kurban yang mau disembelih,” ujar Iskandar kepada wartawan yang didampingi Sekretaris Panitia Sutarnianto dan Bendahara Randy Kurniawan.

Sementara itu, Ketua PPM Kota Batam, Syafrizal Ganti Sitorus alias Ucok Cantik, mengatakan pelaksanaan kurban PPM Kota Batam ini dadakan. Walaupun dadakan, antusias anggota PPM di tengah pandemi covid-19 dan donatur cukup baik ehingga terkumpul 2 sapi dan 8 kambing.

“Meskipun dalam suasana pandemi covid-19, namun rezeki yang besar dari Allah SWT sehingga anggota ada yang bisa menyisihkan rezekinya berkurban. Makna kurban ini, untuk membunuh jiwa kebinatangan agar dihilangkan dari diri manusia. Bahwa pengurbanan itu, semata ketakwaan dan keikhlasan pada Allah SWT,” ujar Ucok Cantik. Bahkan, Ucok Cantik mengaku dirinya tiap tahun berkurban.

PPM, lanjut Ucok, ke depan akan semakit dekat lagi dengan masyarakat serta mengadvokasi masalah-masalah yang dihadapi masyarakat. Ucok Cantik, mengumpamakan, kalau ada masyarakat miskin yang ditelantarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, PPM siap hadir membantu masyarakat.

“PPM sebagai organisasi independen, mengabdi untuk bangsa ini membantu masyarakat yang tidak terlayani dengan baik. Itu sebabnya, sebagian besar daging kurban ini dibagikan kepada masyarakat-masyarakat miskin di sekitaran Kantor PPM Batam,” pungkas Ucok Cantik.(ks01)