Bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Isdianto-Suryani.

Keprisatu.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya memilih untuk mengusung Isdianto sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Kepri. Plt Gubernur Kepri itu akan berpasangan dengan Suryani, anggota DPRD Kepri dari PKS.

Dikonfirmasi terkait dukungan PKS kepada Isdianto, Ketua DPW PKS Kepri Raden Hari Tjahyono membenarkan. “Ya bang (PKS dukung Isdianto),” ujarnya, Jumat (24/7/2020).

Hari juga tidak menutup kemungkinan bergabungnya Partai Demokrat dan partai-partai lain dalam koalisi pengusung Isdianto-Suryani di Pilgub Kepri. “Kami komunikasi dengan semua partai yang belum menentukan sikap,” ujarnya.

Sekretaris DPW PKS Kepri, Bambang Dipoyono juga membenarkan kepastian dukungan PKS untuk Isdianto sebagai bakal calon gubernur Kepri. “Iya Bang, confirmed dukung Pak Isdianto,” katanya.

Menurut Bambang, kepastian dukungan PKS kepada Isdianto tersebut disampaikan langsung oleh Presiden PKS Sohibul Iman di Jakarta. Sementara surat keputusan resminya akan diterbitkan kemudian. “SK administratif menyusul,” katanya.

Sebelumnya, Isdianto juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Partai Hanura di Pilgub Kepri di Jakarta, Rabu (15/7/2020). Suryani ikut mendampingi Isdianto saat menerima rekomendasi tersebut. Selain Suryani, turut mendampingi Isdianto menerima rekomendasi adalah Ketua Partai Hanura Kepri Bakti Lubis dan Ketua DPW PKS Kepri Raden Hari Tjahyono.

Partai Hanura memiliki 3 kursi dan PKS 6 kursi di DPRD Kepri. Gabungan kedua partai ini memiliki 9 dari 45 kursi DPRD Kepri (20 persen), sudah memenuhi syarat untuk mengusung paslon ini ke Pilgub Kepri.

Isdianto-Suryani merupakan paslon ketiga yang memastikan tiket di Pilgub Kepri. Dua bakal paslon lainnya adalah Soerya Respationo-Iman Sutiawan dan Ansar-Marlin.

Ansar-Marlin sudah mendapatkan dukungan DPP Partai Golkar yang memiliki 8 di DPRD Kepri. Pasangan ini juga bakal diusung Partai Nasdem yang memiliki 6 kursi. Dukungan kedua parpol ini mencapai 14 dari 45 kursi DPRD Kepri (31,1 persen), sudah memenuhi syarat bagi bakal paslon ini untuk melenggang ke Pilgub Kepri.

Sedangkan bakal paslon Soerya-Iman sudah mengantongi rekomendasi DPP Partai Gerindra yang memiliki 4 kursi di DPRD Kepri. Selain Partai Gerindra, pasangan ini juga akan diusung PDIP dengan 8 kursi dan PKB 3 kursi. Koalisi tiga partai ini memiliki 15 dari 45 kursi DPRD Kepri (33,3 persen), juga sudah memenuhi syarat untuk mengantarkan pasangan ini ke Pilgub Kepri.

Kini tinggal 3 partai lagi yang belum menentukan arah dukungannya, yaitu Demokrat dengan 4 kursi, PAN 2 kursi, dan PPP 1 kursi. (zak)