Keprisatu.com – Hari ini, Senin (13/7/2020), seharusnya adalah hari pertama masuk sekolah di Kota Batam. Namun, karena masih dalam status pandemi virus corona (Covid-19), kegiatan belajar mengajar secara tatap muka masih ditunda.

Selama beberapa hari ke depan, pembelajaran di sekolah masih akan dilakukan secara online. Begitu juga dalam masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi murid baru, beberapa sekolah dasar (SD) di Batam secara virtual.

SD di wilayah Kecamatan Sei Beduk, misalnya, para murid baru menjalani MPLS dengan menggunakan aplikasi Google Classroom. Dengan aplikasi tersebut, setiap murid didampingi orang tuanya bisa mengenali lingkungan sekolah yang telah dibuat oleh para guru melalui video.

Materi-materi pembelajaran juga dibagikan dalam aplikasi. Sehingga bisa dipelajari murid setiap saat dengan mudah, tanpa harus datang ke sekolah.

“Siswa belajar dari rumah dengan sistem online. Selain tidak membatasi waktu belajar, siswa juga bisa menyesuaikan dengan waktu yang dimiliki orang tua di rumah,” kata seorang guru.

Bagi yang baru mengenal aplikasi ini, mungkin perlu waktu untuk mengunduh dan bergabung dengan grup kelas. Karena untuk bergabung, ada kode yang harus dimasukkan dalam aplikasi tersebut.

Namun setelah berhasil mengunduh dan membuka aplikasi, banyak orang tua yang merasa terbantu. Karena aplikasi mudah digunakan dan menghemat pemakaian kuota internet.

“Anak saya semangat meski hari pertama sekolah belajar dari rumah. Informasi di video juga jelas dan mudah dipahami,” kata Fatma, salah satu orang tua siswa. (KS 08)