Pesawat carter dari Vietnam tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam dengan membawa 20 penumpang, Jumat (26/6/2020).

Keprisatu.com – Pesawat carter Vietnam, Bamboo Airways, berhasil mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Jumat (26/6/2020) sore. Pesawat yang membawa 20 penumpang ini dicarter oleh sebuah perusahaan di Batam.

Pesawat ini berangkat dari Vietnam pada Jumat, (26/6/2020) pukul 15:05 WIB dan tiba di Batam pukul 17:10 WIB. Tiba di Bandara Hang Nadim Batam, seluruh penumpang harus melalui proses pendataan dan pengecekan kesehatan oleh petugas Kementerian Kesehatan dan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card) dan melewati pengecekkan imigrasi.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim dan TIK BP Batam, Suwarso, menyampaikan, Bandara Internasional Hang Nadim kedatangan satu pesawat carter dengan tipe Boeing 787 seri 900. Pesawat dari Saigon ini membawa 20 orang penumpang dan kembali ke Saigon, Vietnam pada Jumat petang pukul 18.20 WIB, dengan membawa 3 orang penumpang.

“Penerbangan ini memang sudah direncanakan dan baru bisa terbang pada Jumat kemarin. Tim CIQP yang terdiri dari Custom (Bea dan Cukai), Immigration (Imigrasi) dan Quarrantine (Karantina), serta Port Master (Syahbandar) telah siap menerima kedatangan penumpang,” kata Suwarso dalam keterangan tertulisnya.

Prosedur protokol kesehatan tatanan normal baru (new normal) pada masa pandemi Covid-19 diterapkan dalam penerbangan tersebut.

“Para penumpang adalah para pekerja oil company, dan tetap menjalankan protokol Kesehatan. Para pekerja sebelum terbang dari Saigon telah menjalani isolasi di Saigon dan setibanya di Batam juga akan diisolasi terlebih dahulu,” ungkap Suwarso.

Tatanan kehidupan baru atau new normal yang diberlakukan sejak 15 Juni 2020 lalu untuk memulihkan produktivitas masyarakat dan menjadikan kondisi perekonomian kembali membaik. New normal ini merupakan salah satu opsi untuk menjadi tonggak kebangkitan ekonomi Indonesia.

Suwarso berharap dengan adanya penerbangan internasional di masa new normal ini dapat berjalan lancar dan dapat mengembalikan kondisi perekonomian dan sosial masyarakat. Namun, di sisi lain semua pihak diharapkan tetap berupaya untuk menghentikan penyebaran virus Corona dengan melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah. (r/zak)