Keprisatu.com – Pengunjung di lokasi wisata pantai Barelang, Kota Batam, diingatkan untuk disiplin mentaati protokol kesehatan. Guna memastikan kedisiplinan itu, tim dari kecamatan setempat bakal melakukan penyisiran ke pantai-pantai yang sering menjadi tujuan kunjungan warga.

“Sabtu dan Minggu ini kami akan turun ke pantai-pantai yang ada di Barelang, seperti Pantai Melayu, Galang Baru, Mirota, dan lainnya untuk menyisir dan memastikan penerapan protokol kesehatan di tempat wisata,” ujar Camat Galang, Ute Rambe kepada keprisatu.com, Kamis (25/6/2020).

Ute menjelaskan, penyisiran di tempat-tempat wisata pantai itu merupakan tindak lanjut dari penyisiran penyebaran Covid-19 di pulau-pulau di seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Galang. Dari penyisiran di pulau-pulau tersebut, hasilnya non-reaktif.

“Kami sudah turun melakukan penyisiran ke semua kelurahan, total delapan kelurahan. Bahkan sampai ke Pulau Abang kami datangi untuk melakukan rapid tes. Hasilnya non-reaktif,” jelasnya.

Sementara itu dalam penyisiran di tempat-tempat wisata pantai, Ute mengaku sudah menyiapkan sejumlah tindakan. Di antaranya dengan mengingatkan dan mengimbau para pengunjung untuk memerhatikan jaga jarak di semua area wisata dan memakai masker.

Pengunjung juga diimbau untuk memastikan kesehatannya sebelum memasuki lokasi wisata. Di pintu-pintu masuk lokasi wisata akan dilakukan pengecekan suhu tubuh.

“Jika suhu tubuhnya tinggi, maka akan diminta untuk pulang,” tegas Ute.

Sebelumnya Pemko Batam juga melakukan penyisiran penyebaran Covid-19 hingga ke wilayah hinterland atau kepulauan demi menuntaskan penanganan wabah Corona. Di Kecamatan Belakang Padang misalnya, tim yang terdiri dari pihak kecamatan, puskesmas, Lurah, mahasiswa, perangkat RT dan RW serta kader posyandu setempat langsung ke pulau-pulau untuk melakukan rapid tes Covid-19 terhadap warga yang dikhawatirkan terpapar virus.

“Daerah pulau (berstatus) hijau juga kita sisir,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi. (zak)