Kegiatan penyusuran covid-19 di Batam Kota.

Keprisatu.com – Di tengah program Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menerapkan new normal yakni suasana baru masa pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) yang direncanakan 15 Juni 2020, eh malah 13 orang bertambah positif corona pada hari ini, Rabu (27/5/2020). Sehingga, total pasien yang positif corona mencapai 109 orang.

Menariknya, satu keluarga di Palm Spring Batam Centre dinyatakan positif corona. Tapi, bayi mereka dinyatakan negatif.

Perkembangan terbaru 13 orang terkonfirmasi positif ini, disampaikan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, H Muhammad Rudi yang juga Wali Kota Batam, dalam pertemuan akbar dengan pelaku industri, tokoh agama, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

“Hari ini total pasien di Batam mencapai 109 orang, bertambah 13 orang,” ujar Rudi dalam sambutannya.

Meskipun ada penambahan pasien positif corona, penambahan pasien ini mengharuskan untuk berteman dengan covid-19. Namun, tidak boleh covid-19 mengatur kehidupan masyarakat. Apalagi, pemerintah sudah mewacanakan new normal yang didasarkan pada Kepmenkes nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi menyebutkan penambahan 13 orang tersebut sebagian besar beralamat di Batam Centre. “Berdasarkan penelusuran kontak, hasil tracing kasus di Palm Spring,” ujar Didi.

Dari pasien baru tersebut, ada kasus yang pelik dimana pasangan suami istri terkonfirmasi positif, akan tetapi bayi mereka dinyatakan negatif. “Ini termasuk kasus yang pelik juga,” ungkapnya.(*/ted)