Bandara Hang Nadim Batam.

Keprisatu.com – Bandara Hang Nadhim akhirnya memastikan tidak akan melayani penerbangan domestik mulai Sabtu (25/4) hingga Senin (1/6). Ini diakibatkan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah, Rabu (22/4).

Tak hanya penerbangan domestik, outlet, restaurant, dan area bisnis juga dipastikan tidak akan beroperasi.

“Kecuali kalau ada penerbangan untuk lembaga tinggi negara, tamu kenegaraan/wakil, organisasi international. selanjutnya angkutan kargo (kargo penting dan esensial), cargo pengangkutan kebutuhan medis, kesehatan, sanitasi serta pangan,” seperti yang di sampaikan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Penutupan Bandara Hang Nadim ini berdampak kepada semua area bisnis, begitupun taksi parkir.
Lion Air Group sudah menempel kertas pengumuman di kantor Lion Air, memberitahukan bahwa efektif pertanggal 25 april 2020 semua penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Batik Air, Wing Air dan Malindo Air) tidak beroprasi.

Informasi pembatalan tiket, reschedule bisa langsung menghubungi call centre, bunyi pengumuman itu. Begitu pun dengan maskapai lainnya seperti Garuda dan City Link.

Terkait dengan penutupan operasional Bandara Hang Nadim untuk penerbangan domestik, sektor lain dirasakan bakal terdampak. “Bagaimana jika hampir sebulan bnandara tidak ada penerbangan domestik. Padahal kami hidup dari aktifitas bandara,” keluh Alex, salah seorang sopir taxi.

“Mana sekarang bulan puasa lagi dari mana saya untuk menghidupi keluarga,” tambahnya. “Mudah-mudahan pemerintah peduli dan cepat memberi bantuan kepada kami, dan berharap corona ini cepat berakhir,” harap Alex. ™