Kiper Juventus Gianluigi Buffon saat ini berusia 42 tahun.

Keprisatu.com – Saat pandemi korona mendera Italia, kelanjutan kontrak pemain yang usianya sudah uzur pun terancam. Namun, hal itu sepertinya tak berlaku buat Gianluigi Buffon. Ya, meski belum resmi, kontrak eks kiper PSG itu diyakini bakal diperpanjang semusim lagi oleh Juve. Artinya, Gigi –sapaan Buffon– bakal berkarir hingga usianya 43 tahun pada 2021.

Nah, melalui video call di Instagram, Francesco Totti dan Fabio Cannavaro memberikan ’’bocoran” mengenai batas waktu karir Buffon. Dua rekan setim Buffon saat membawa Italia juara Piala Dunia 2006 itu kompak menyebut tidak ada yang bisa membuat Buffon pensiun kecuali Juve yang memintanya.

’’Gigi sebenarnya ingin bermain hingga usia 50 tahun meski menurutku dia mampu bertahan di level ini (tertinggi, Red) hingga 2–3 musim lagi,’’ ucap Totti kepada Cannavaro sebagaimana dilansir La Gazzetta dello Sport.

Asumsi eks pemain AS Roma itu masuk akal. Salah satu faktornya adalah Buffon merupakan serep dari Wojciech Szczesny yang jadi kiper utama Bianconeri. Artinya, fisik Buffon tidak terlalu terkuras meski harus bermain hingga tiga tahun lagi.

Meski hanya berstatus cadangan, pemilik 176 caps bersama Gli Azzurri –julukan Italia– itu belum menunjukkan tanda-tanda menurun drastis. Buktinya, dalam 11 pertandingan di semua ajang yang dimainkan, Buffon hanya kebobolan sembilan gol dan membukukan tiga clean sheet.

Satu lagi yang membuat Buffon belum ingin pensiun dalam waktu dekat adalah ambisinya di Liga Champions. Ya, dia belum sekali pun memenangi ajang paling elite antarklub Eropa itu. Dari tiga kali kesempatan tampil di final yang semua bersama Juve, Buffon selalu gagal (musim 2002–2003, 2014–2015, dan 2016–2017). Si Kuping Besar –julukan trofi Liga Champions– pula yang membuatnya musim lalu hengkang ke PSG karena keberadaan Neymar Jr dan Kylian Mbappe. Keduanya diyakini bisa membantu PSG meraih gelar Eropa. Namun, impian itu belum juga bisa diwujudkan.

Sumber: jawapos