Keprisatu.com – Kejahatan narkoba jaringan internasional kembali menggegerkan nusantara. Di Propinsi Aceh, polisi berhasil membongkar kejahatan para bandit narkoba jenis sabu. Hasilnya, ada ratusan sabu sabu yang siap diedarkan di Aceh bahkan ada kemungkinan barang barang tersebut diedarkan ke penjuru Indonesia melalui daerah dengan nama lain Serambi Mekah ini.
Dikutip dari berbagai sumber , ekspose kasus di  Direktorat Reserse Polda Aceh dan Polres Bireuen , petugas Tim gabungan Direktorat IV Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Direktorat Reserse Polda Aceh dan Polres Bireuenberhasil mengagalkan penyelundupan sabu.
Jumlahnya mencapai 353 kilogram narkotika jenis sabu. “Ada sebelas tersangka, satu diantaranya wanita . Total barang bukti 353 kilogram,” kata Wahyu. 11 tersangka kasus sabu tak bertuan sebanyak 353 kilogram yang ditemukan dalam boat tanpa awak dan terdampar di dekat mulut kuala kawasan Desa Matang Bangka, Kecamatan Jeunieb, Bireuen, pada Rabu (27/1/2021) lalu.
Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada di Mapolda Aceh, Kamis (11/2/2021) menyebutkan  barang haram itu diduga berasal dari  Timur Tengah. Barang hadam itu diangkut dengan menggunakan kapal melalui perairan yang menghubungkan Malaysia dan Aceh.
“Pengintaian dilakukan oleh Tim gabungan  hampir satu bulan sejak Januari  2021. Para pelaku dibekuk di kawasan Pandrah, Jeunib, Kabupaten Bireuen,” jelas Kapolda Wahyu Widada.
Seterusnya Kapolda Wahyu mengatakan pihaknya telah menangkap empat orang tersangka. Mereka adalah warga dari Bireun Propinsi Aceh.
Para tersangka ini ternyata punya berbagai  peran dan tugas. Ada yang berperan sebagai tekong, kapten kapal, pengatur dan pengendali.  “Setelah 4 orang dibekuk, petugas menangkap  satu tersangka lain . Dia punya tugas  sebagai penerima barang,” kata dia.
Wahyu menyebutkan, sabu yang diamankan tidak langsung 353 kilogram. Ada juga hasil tangkapan dari petugas  gabungan yang  menangkap enam pengedar narkotika jaringan internasional yang berperan sebagai penyimpan barang dan penerima.(KS03)
Editor : Joko
Sumber : Serambinews.com – hallospot.com