Calon direksi PT. Pelabuhan Kepri
Para calon direksi PT. Pelabuhan Kepri berfoto bersama dengan Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, DEA dan Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka, SSos, MPM serta Kabiro Ekonomi Pemprov Kepri, Novianto, Rabu (7/7/2021). (Foto: Istimewa)

Keprisatu.com – Sebanyak 11 orang calon Direksi PT Pelabuhan Kepri telah menuntaskan serangkaian tes asesmen dan keahlian. Selanjutnya para calon akan
menunggu pengumuman yang diperkirakan dalam 14 hari ke depan.

Ke-11 calon direksi PT Pelabuhan Kepri ini menyelesaikan tes asesmen dan keahlian dari hari Senin (5/7/2021) hingga Rabu (7/7/2021) di Hotel Aston Kota Tanjungpinang. Tim asesor independen dari Jakarta mengetes mereka selama dua hari dan tim pansel (panitia seleksi) melakukan tes keahlian satu hari.

Khusus untuk tes keahlian, Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, DEA dan Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka, SSos MPM turun langsung menjadi pengawas. Dalam tes keahlian ini, ada sebanyak lima pertanyaan essay untuk menggali penalaran dan strategi para calon dalam menghadapi persaingan bisnis bidang kepelabuhanan.

Namun suasana tes berlangsung cukup menyenangkan dan semua calon direksi nampaknya dapat menyelesaikan setiap tahapan tes. Sesekali Kabiro Ekonomi Pemprov Kepri, Novianto melontarkan candaan atau jokes yang menambah cair suasana tes.

Para peserta juga nampak saling berkenalan satu sama lain. Mereka tak lain adalah anak-anak Kepri yang telah lama bekerja dan mengenal kondisi serta situasi Kepri. Mereka seolah satu visi dan menginginkan PT Pelabuhan Kepri lebih sukses lagi berbisnis di masa datang.

Demi menjalankan Prokes, sebelum masuk ruang tes, setiap calon direksi wajib menunjukkan surat bebas Covid-19. Mereka juga wajib berpenampilan rapi, memakai kemeja, celana kain, dasi, dan sepatu layaknya seorang eksekutif.

Tunggu Pengumuman 

Sebelumnya dari 31 yang mengajukan lamaran secara online, sebanyak 16 yang mendapat panggilan untuk melakukan pemberkasan. Setelah pemberkasan, Pansel mengumumkan hanya 13 orang lolos sebagai calon direksi. Kemudian dari 13 tersebut, sebanyak 11 orang yang memenuhi undangan untuk tes asesmen dan keahlian. Dua calon tidak memenuhi undangan tes, informasinya karena satu calon sakit dan satu lagi menyatakan absen.

Adapun ke-11 calon direksi PT. Pelabuhan Kepri yang telah mengikuti tes asesmen dan keahlian, yaitu Awaluddin, Windrasto Dwi Guntoro, Budi Revianto, Raden Aditya Wirawan, Ricky Irawan, Mohammad Azwar, Mohammad Bembela, Arham, Taufan Megalena, Roni Setiadi, dan Buana Fauzi Februari.

Pansel sendiri, Ketuanya Plh. Sekda Provinsi Kepri, Ir. Lamidi, MM. Anggotanya, Rektor Umrah, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, DEA, Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka, SSos MPM, dan lainnya yang berjumlah enam orang.

Sekretaris Pansel yang juga Kabiro Ekonomi Pemprov Kepri, Novianto mengapresiasi para calon direksi PT. Pelabuhan Kepri yang telah mengikuti tes asesmen dan keahlian selama tiga hari. ”Semoga kita semua tetap sehat, namun saya lihat kawan-kawan semua sehat. Semua segar,” imbuh Novianto. Menurutnya, para calon tinggal lagi berdoa setelah berikhtiar dengan mengikuti tes asesmen dan keahlian.

Selanjutnya pansel akan menunggu hasil tes asesmen dan keahlian yang diperkirakan selama sekitar 14 hari ke depan. ”Pansel akan rapat dan akan ada nanti pengumuman lebih lanjut, mungkin di atas tanggal 20 Juli 2021. Lihat saja nanti di website Pemprov Kepri,” ujar Novianto. (ks04)