Keprisatu.com – Kasus pasien positif virus corona (Covid-19) di Kota Batam yang meninggal dunia bertambah satu orang, Tn.YHG (47). Warga yang beralamat di Perumahan Tiban Bukit Asri, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang ini Terkonfirmasi Kasus Nomor. 433.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi menjelaskan, yang bersangkutan dibawa ke IGD RSBP Batam pada 19 Agustus dalam kondisi Death On Arival (DOA), dimana sebelumnya memiliki riwayat demam. Untuk itu dilakukanlah pemeriksaan swab hidung/nasal yang hasilnya diketahui terkonfirmasi positif.

“Selanjutnya penanganan pemulasaran jenazahnya telah dilakukan menurut Protokol Covid-19,” ujar Rudi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/8/2020).

Bertambahnya seorang meninggal tersebut menjadikan jumlah kasus pasien Covid-19 Batam meninggal menjadi 26 orang. Sementara jumlah pasien Covid-19 mencapai 436 orang, 323 orang di antaranya sembuh dan 87 orang sedang dirawat.

Menurut Rudi, sesuai hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

“Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19,” ujarnya.

Rudi mengingatkan dan mengimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja, mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup. (KS 08)