Jadi Caleg Parpol Lain KPU Beri Batas Waktu 19 September

Senin, 13 Agustus 2018 15:02 WIB
53x Featured Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang sudah menerima surat pengunduran diri dari dua anggota dewan yang pindah partai politik (parpol) yakni Beni dan Fengky Fesinto. KPU memberikan batas waktu hingga 19 September 2018 surat pemberhentian sebagai anggota DPRD dari gubernur.

”Dua anggota dewan telah menyerahkan surat pengunduran diri pada saat melengkapi persyaratan pendaftaran sebagai calon anggota legislatif,” kata Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (9/8).

Beni merupakan anggota DPRD dari PKPI. Di saat mendaftar diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) di tahun 2019, Beni menggunakan kendaraan politik Partai Golkar.

Kemudian, Fengky Fesinto menjabat sebagai anggota Dewan dari Partai Hanura. Kini mencalonkan melalui Partai Nasdem.

PKPU Nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/ kota di Pasal 7 ayat 2 mengatur anggota DPR dan DPRD mengundurkan diri jika dicalonkan oleh partai politik yang berbeda dengan partai politik pada saat mengikuti pemilu sebelumnya.

Aswin menyatakan, dua anggota dewan tersebut belum menyerahkan surat pemberhentian sebagai anggota dewan Kota Tanjungpinang dari pejabat berwenang dalam hal ini gubernur. Apabila belum ada surat pemberhentian dari gubernur, maka orang tersebut harus membuat surat pernyataan yang menyatakan dirinya sudah membuat surat mengundurkan diri ditujukan ke pejabat berwenang yaitu gubernur.

“Paling lambat sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada 20 September 2018 nanti. 19 September 2018, yang bersangkutan sudah menyerahkan surat pemberhentian dari pejabat berwenang ke KPU. Apabila tidak diserahkan, KPU akan mencoret nama bacaleg dari DCT,” ujar Aswin. 

*Berita Ini Sudah dimuat di Tanjungpinang Pos versi online dengan link http://tanjungpinangpos.id/kpu-paling-lambat-19-september/