KPU Putuskan 10 Bacaleg DPRD Tanjungpinang Tak Penuhi Syarat

Ahad, 12 Agustus 2018 20:12 WIB
31x Featured Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Sebanyak 10 bakal calon anggota (bacaleg) tidak masuk ke dalam Daftar Calon Sementara (DCS) yang akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang ke publik pada 12 Agustus 2018 nanti.

”Kita akan umumkan ke dalam DCS sebanyak 421 nama bacaleg. Sebelumnya ada sekitar 431 nama bacaleg yang mendaftarkan diri di pileg tahun 2019. Tapi yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 10 bacaleg,” kata Susanty, anggota KPU Kota Tanjungpinang, kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (10/8).

Susanty mengatakan, 10 bacaleg yang sudah dinyatakan TMS oleh KPU Kota Tanjungpinang disebabkan tak melengkapi berkas pencalonan anggota legislatif di saat pemeriksaan berkas pada tahapan verifikasi. Seperti bacaleg tidak melampirkan surat keterangan kesehatan, surat keterangan jasmani, surat keterangan bebas narkoba, surat keterangan kelakuan baik disebut (SKCK), surat keterangan dari Pengadilan Negeri sampai dengan fotocopy ijazah pada saat perbaikan, yang diberikan oleh KPU.

10 bacaleg yang sudah TMS terdiri dari 3 orang bacaleg berasal dari Partai Garuda, 6 bacaleg dari Partai Berkarya dan 1 orang bacaleg dari PSI. Mereka berbeda daerah pemilihan (dapil) di pileg tahun 2019 nanti.

KPU akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan, saran serta kritik terhadap nama bacaleg yang akan diumumkan di DCS pada 12 Agustus 2018. Pengumuman DCS bacaleg hanya berlangsung tiga hari terhitung sejak 12 Agustus 2018 sampai dengan 14 Agustus 2018. ”Masyarakat bisa memberikan tanggapan kepada bacaleg yang dianggap bermasalah mulai dari diumumkan DCS sampai 18 Agustus,” ujarnya.

Sumber: http://tanjungpinangpos.id/kpu-gagalkan-10-bacaleg/