Masyarakat Tanjungpinang Bisa Pantau Hasil Pemilukada di Website KPU

Jumat, 22 Juni 2018 10:37 WIB
17x Tanjungpinang

TANJUNGPINANG - Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu lembaga survei yang ingin mengumumkan jajak pendapat atau hitung cepat harus mendaftarkan lembaganya ke KPU. Hingga saat ini, untuk Pemilukada Tanjungpinang Rabu 27 Juni 2018 mendatang belum ada yang mendaftar.

Dalam Pasal 27 Ayat 1: Masyarakat dapat melakukan survei atau Jajak pendapat dan penghitungan cepat hasil pemilu, sebagaimana pasal 20, ayat 2, huruf e.Ayat 2: Survei atau jajak pendapat sebagaimana ayat 1 meliputi:

a. Survei tentang perilaku pemilih

b. Survei tentang hasil pemilu

c. Survei tentang kelembagaan pemilu seperti penyelenggara pemilu, partai politik, parlemen/legislatif, pemerintah, dan/atau 

d. Survei pasangan calon.

Seperti yang dilansir inilahkepri.com Jumat (22/6) hingga saat ini menurut keterangan  Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria belum ada lembaga survei yang mendaftar. 

Meski tidak ada lembaga perhitungan cepat, jelas Robby, pihaknya telah menyiapkan informasi hasil perolehan suara kedua kandidat itu di web KPU RI nanti.

"Ada perhitungan cepat KPU RI," ujar Robby belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, masyarakat Tanjungpinang akan menyalurkan  pilihannya memilih Wali Kota - Wakil Wali Kota pada Rabu 27 Juni 2018 ini. Ada dua kandidat pasangan calon yang bersaing. Yakni Syahrul-Rahma sebagai pasangan calon nomor urut 1 dan Lis Darmansyah-Maya Suryanti sebagai pasangan nomor urut 2. (inilahkepri.com)