Wartawan Diminta Netral dalam Pemberitaan Pemilukada Tanjungpinang

Ahad, 4 Maret 2018 10:48 WIB
8x Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Memasuki masa kampanye pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota termasuk di Tanjungpinang, Kapolres Tanjungpinang mengingatkan wartawan untuk netral.

 Bahkan menurut surat edaran Dewan Pers wartawan yang terlibat menjadi tim sukses atau sebagai kontestan di Pilkada mesti mengundurkan diri. Hal yang sama dikatakan Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardyanto Tedjo Baskoro yang menyebutkan idealnya wartawan harus netral seperti Polri dan TNI, meskipun wartawan memiliki hak suara di pemilihan kepala daerah 27 Juni mendatang.

”Wartawan mesti netral seperti Polri dan TNI,” kata AKBP Ardyanto Tedjo Baskoro di salah satu diskusi tentang pilwako damai yang digelar AJI Tanjungpinang di Bintancentre, kemarin.

Kapolres membeberkan kalau wartawan tidak netral bisa-bisa membuat berita dan menimbulkan iklim tidak kondusif di tengah masyarakat. Menurutnya, wartawan adalah ujung tombak pembangunan yang bisa juga membuat orang cepat naik daun serta bisa juga membuat orang jatuh termasuk jatuh karirnya.

”Ada pribahasa, mulutmu harimaumu. Tapi ada yang satu lagi tidak boleh disepelakan adalah jarimu adalah harimaumu, karena gencarnya isu-isu negatif yang dibuat masyarakat di media sosial. Jadi saya berharap wartawan tetap netral di pilkada,” tegasnya.

Ia juga bersyukur suasana pilwako Tanjungpinang adem-adem saja. Ini berbeda dengan daerah lain yang sama-sama menggelar pilkada serentak tahun ini. ”Kita sama-sama bersyukur, dua calon wali kota bisa menciptakan kondisi daerah Tanjungpinang tetap kondusif, berbeda dengan daerah lainnya,” katanya.

Ia juga minta agar masyarakat berhati-hati menggunakan media sosial, jangan sampai membuat ujaran kebencian, menghina orang lain, apalagi pejabat negara. Gunakanlah media sosial untuk bersilaturahmi jarak jauh. Sebelumnya, Iman Wahyudi, Anggota Dewan Pers Bidang Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers minta agar wartawan netral di pikada.

Sumber: Tanjungpinang Pos / Foto: Net